3 Cara Membuat Curriculum Vitae PDF Yang Baik dan Menarik

Curriculum Vitae

Berbicara mengenai Curriculum Vitae atau CV tentunya tak asing bagi para pencari kerja. Berbagai macam informasi mengenai data diri, riwayat pendidikan, skill yang dimiliki, prestasi yang pernah diraih dan lain sebagainya tertuang dalam selembar kertas yang benama CV ini. Dengan adanya CV ini manajer SDM pada sebuah perusahaan atau instansi akan lebih mudah dan cepat memahami informasi mengenai personalitas para pelamar kerja.

Oleh karena itu agar lebih menarik CV harus didesain semenarik mungkin agar manajer sdm lebih tertarik dan mendapatkan kesan dari pelamar kerja. Dalam melamar pekerjaan biasanya para pelamar kerja via email melampirkan file CV dengan format PDF. Oleh karena itu Anda harus bisa mempersiapkan CV dengan baik agar CV yang Anda kirim bisa diterima dengan baik. Berikut merupakan Cara Membuat Curriculum Vitae dengan format file PDF.

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Curriculum Vitae PDF

Cara Membuat Curriculum Vitae PDF

1. Membuat CV menggunakan Aplikasi Smartphone

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat Curriculum Vitae, mulai dari yang paling mudah Anda bisa mendesain CV menggunakan Aplikasi Smartphone yang bisa Anda download melalui Playstore atau Appstore. Di dalam aplikasi tersebut sudah terdapat format desain CV bawaan aplikasi tersebut Anda tinggal mengedit dan mengubah informasi sesuai dengan data diri pribadi Anda.

Setelah selesai Anda tinggal simpan dan ubahlah file menjadi PDF melalui online converter. Ada berbagai macam jenis aplikasi pembuat CV yang bisa Anda dapatkan seperti CV Maker, Free CV Maker & Premium Template, Canva, CV Enginers dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Membuat CV Menarik Menggunakan Android

2. Membuat CV Menggunakan Ms. Word

Membuat CV juga bisa menggunakan Ms.Word, Di dalam Ms. Word Anda bisa memilih template CV bawaan dari Ms. Word lalu kemudian ubah dan edit sesuai dengan data diri Anda. Jika sudah simpan file melalui Save As, pilih tempat penyimpanan file, dan pada bagian Save As type ubahlah menjadi .PDF maka file yang Anda simpan secara otomatis akan berformat PDF.

3. Membuat CV menggunakan Corel Draw

Dalam hal Membuat CV menggunakan Corel Draw diperlukan keahlian khusus dalam melakukanya. Karena biasanya banyak orang yang masih awam dengan software Corel Draw. Kelebihan jika menggunakan software corel draw adalah Anda bisa membuat desain sendiri dengan berbagai macam variasi desain yang bagus. Bagi Anda yang masih awam dalam membuat desain CV dengan Corel Draw Anda bisa melihat tutorial di Yotutube menganai cara membuat CV menggunakan Corel Draw. Setelah itu simpan file dengan format PDF.

Perhatikan Beberapa Hal Penting menganai Penulisan CV / Curriculum Vitae

Dalam penulisan CV ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan dan beberapa hal yang perlu Anda hindari. Beberapa hal yang perlu Anda terapkan adalah Maksimalkan halaman dan jangan bertele-tele, Tonjolkan personal branding, Perhatikan pekerjaan yang akan Anda lamar, Tulis pengalaman yang relevan, cantumkan pencapaian prestasi dan Gunakan File PDF. Kemudian beberapa hal yang yang perlu Anda hindari adalah kesalahan penulisan kata, penggunaan kata-kata yang terlalu kaku, dan format file selain PDF.

Baca Juga :

Demikianlah tata cara membuat Curriculum Vitae dengan format PDF. Mengapa pelamar kerja dianjurkan untuk mengirim berkas dengan format PDF agar ukuran file yang dikirim tidak terlalu besar. Karena ukuran file yang terlalu besar akan membuat para perekrut tidak memiliki waktu untuk mengunduh CV yang dikirim oleh para pelamar dan pada akhirnya hal inilah yang menyebabkan para pelamar tidak dipanggil untuk melakukan sesi wawancara.

Oleh karena itu sebelum mengirim CV pastikan informasi dan data diri yang Anda kirim sudah tertulis dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.