Cara Kirim Uang Antar Bank dengan Berbagai Metode Terbaru

Saat ini, perkembangan financial technology memberikan beberapa kemudahan bagi kaum millennial, salah satunya dengan cara kirim uang antar bank dengan berbagai metode. Banyaknya cara untuk transfer ini dapat membantu mengirim uang kapanpun dan dimanapun dalam hitungan detik. Apalagi di era new normal yang membatasi aktivitas sehingga kebanyakan mengharuskan lebih sering berada di rumah. Lantas, apa saja caranya? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

5 Cara Kirim Uang Antar Bank

Sumber : https://www.pexels.com/

1. Menggunakan ATM

Cara kirim uang antar bank ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun, bagi Anda yang belum tahu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

Bacaan Lainnya
  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  • Pilih Bahasa Indonesia
  • Masukkan nomor PIN ATM Anda. Pilih Transaksi Lainnya, dan pilih Transfer
  • Pada menu pilihan bank tujuan transfer, pilih Bank lain
  • Masukkan kode bank tujuan dan nomor rekening tujuan
  • Masukkan jumlah nominal yang akan ditransfer
  • Pastikan memasukkan kode bank, nomor rekening dan nominal transfer yang benar
  • Pilih benar dan konfirmasi kebenaran data. Biarkan hingga muncul keterangan transaksi berhasil
  • Ambil kembali kartu ATM yang tadi dimasukkan dan struk bukti transfer.

2. Menggunakan SMS Banking

SMS banking merupakan layanan transaksi antar bank yang bisa dilakukan melalui HP dan tidak perlu terkoneksi dengan internet. Kamu cukup mengirim SMS ke nomor yang telah ditentukan oleh bank dengan tarif biaya pulsa sesuai kebijakan operator.

Selain itu, SMS banking dilengkapi dengan layanan yang cukup beragam, yaitu transfer uang ke bank yang berbeda, cek saldo, hingga membayar tagihan. Untuk menikmati layanan ini lakukan aktivasi secara langsung melalui bank tepat mendaftarkan rekening Anda.

3. Menggunakan Internet Banking

Internet banking muncul dengan berbagai kemudahan transaksi perbankan lewat jaringan internet. Layanan ini merupakan salah satu cara transfer uang lewat HP tanpa aplikasi karena transaksi akan dilakukan melalui website resmi bank.

Internet banking dapat diakses oleh semua jenis HP yang terkoneksi internet, laptop ataupun PC sehingga bisa digunakan kapanpun. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena sistem keamanannya sangat ketat. Bahkan metode layanan transfer ini paling disukai oleh banyak orang karena cukup praktis.

4. Menggunakan Mobile Banking

Untuk dapat menggunakan layanan mobile banking, Anda harus melakukan aktivasi ke bank yang terkait dengan rekening Anda. Setelah itu, tinggal mengunduh aplikasi mobile banking milik bank tersebut.

Setelah aplikasi terinstall, cukup login dan melakukan transaksi yang dibutuhkan. Menggunakan cara transfer melalui mobile banking lebih mudah karena tidak perlu memasukkan kode tertentu seperti halnya SMS Banking.

5. Menggunakan Dompet Digital

Dompet digital saat ini populer digunakan untuk cara transfer uang lewat HP android atau IOS. Aplikasi ini merupakan layanan fintech yang berguna untuk transaksi perbankan tanpa nomor rekening gratis transfer dan bebas biaya admin melalui transaksi digital. Anda hanya perlu mengirimkan beberapa data pribadi untuk melakukan aktivasi.

Selain itu, dompet digital bisa digunakan untuk berkirim uang ke sesama pengguna dompet digital, mengirim uang ke rekening bank dan dompet digital aplikasi berbeda. Layanan serbaguna ini bahkan dapat dimanfaatkan sebagai alat pembayaran offline di toko, outlet dan restoran sehingga Anda tidak perlu bepergian ke luar rumah.

Itulah cara kirim uang antar bank dengan berbagai metode terbaru yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Adanya berbagai metode ini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan transaksi keuangan antar bank dengan cepat, mudah, dan murah.

Baca Juga: Arti Istilah FS dan NFS Dalam Jual Beli Facebook

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Wah tambah mudah saja ya kirim2 uang. Bisa kirim ke ortu & partner usaha saat itu juga supaya mereka nggak harap2 cemas.