Asyiknya Perjalanan Darat dengan Bus Haryanto

Bus PO Haryanto

Apakah Anda suka menggunakan sarana transportasi bus untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain? Pengalaman yang dirasakan ketika naik bus sangat berbeda dengan kereta api atau pesawat terbang, lo! Saat naik bus, para penumpang bisa menikmati suasana yang lebih seru di sepanjang perjalanan.

Bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa, Anda mungkin pernah mendengar nama PO Haryanto. Bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang satu ini cukup populer, bahkan telah memiliki klub penggemar sendiri. Keren banget, kan? Nah, jika ingin naik bus ini, sebelumnya Anda bisa pesan tiket bus PO Haryanto di Traveloka.

Bacaan Lainnya

1. Yuk, Ketahui Dulu Sejarahnya

Siapa sangka, bus Haryanto yang identik dengan stiker bergambar Menara Kudus ini telah beroperasi sejak 19 tahun lalu. Sang pemilik, H. Haryanto, mendirikan perusahaan otobus Haryanto pada 2002. Sebelumnya, ia telah memiliki usaha showroom mobil yang khusus menjual angkot.

Hal yang menarik adalah latar belakang H Haryanto. Tahukah Anda, ia dulunya adalah seorang anggota TNI. Lalu, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dan keluar dari kesatuan agar lebih fokus membangun usahanya. Hm, suatu keputusan yang cukup berani, ya.

Sebenarnya, menjadi anggota TNI adalah cita-cita H. Haryanto sejak kecil. Pada 1979, ia mendaftarkan diri di instansi tersebut dan dinyatakan lolos. Ia memulai kariernya sebagai sopir yang mengangkut bahan makanan, bahan bakar, dan alat pertahanan di kesatuan Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan 1/Kostrad TNI Angkatan Darat.

Karena penghasilan yang diterimanya saat itu kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ia nekat membeli angkot lalu mengoperasikan sendiri demi memperoleh tambahan uang. Singkat cerita, setelah kerja kerasnya, ia berhasil membeli angkot lagi dan akhirnya menjadi pengusaha.

Setelah mengundurkan diri, H. Haryanto meminjam uang di bank untuk membeli armada bus sebanyak 6 unit. Melewati fase jatuh bangun, usaha tersebut akhirnya berkembang dan jumlah armadanya bertambah hingga 100 unit. Setelah membaca kisah ini, siapa coba yang tidak tergiur untuk menggeluti bisnis serupa?

2. Rute dan Tujuan Bus Haryanto

Sayangnya, perjalanan bisnis PO Haryanto tidak semulus yang dipikirkan banyak orang. Meskipun bukan pemain baru di bisnis transportasi, Haryanto tidak serta-merta meroket di babak pertama. Awal beroperasi di rute Cikarang-Cimone, ternyata penumpang sepi. Setelah dicoba beberapa waktu pun keadaan masih sama.

Di sinilah pentingnya langkah evaluasi dan kemudian mencari solusinya. Bukannya menyerah, H. Haryanto pun berpikir bagaimana supaya jumlah penumpang lebih banyak daripada biasanya. Salah satu langkah paling realistis, ya, pindah trayek. Ia lalu fokus menggarap rute Jakarta-Kudus, Jakarta-Pati, dan Jakarta-Jepara.

Bukan hanya itu, ia juga mengubah bus menjadi kelas eksekutif sehingga lebih nyaman. Ternyata, keputusannya berdampak positif bagi perusahaan. Saat ini, PO Haryanto telah memiliki jaringan trayek yang sangat luas di Pulau Jawa dan Madura.

Tidak hanya sebagai bus penumpang reguler, bus Haryanto juga disewakan sebagai transportasi pariwisata, baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa, seperti Pulau Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

3. Kenali Ciri Khas Bus dan Fasilitas

Selanjutnya, jika Anda ingin kenal lebih jauh dengan bus yang satu ini, ketahui juga ciri khasnya. Hal ini akan terlihat jelas dari bodi armada bus. Seperti yang telah disebutkan, ada stiker Menara Kudus di bodinya, karena pemiliknya adalah orang Kudus asli.

Selain dilengkapi dengan nama bus di bagian bodi, ada pula beberapa armada yang ditempeli dengan stiker selawat Nabi. Konon tujuannya untuk mengingatkan para kru maupun penumpang agar selalu berselawat dalam perjalanan. Nah, khususnya armada keluaran 2018 dan setelahnya, bus tampak gagah dengan stiker tokoh wayang, yaitu Werkudara atau Rama dan Sinta.

Untuk fasilitas, Anda tidak perlu ragu lagi, deh! PO Haryanto memastikan para penumpang menikmati perjalanan yang menyenangkan dengan menyediakan aneka fasilitas terbaik. Bus ini memiliki toilet, memberikan air mineral dan makanan ringan untuk penumpang, serta dilengkapi reclining seat.

4. Yuk, Jadi Haryanto Mania!

Para penumpang setia PO Haryanto mendapat sebutan Haryanto Mania. Klub penggemar yang dibuat dan dikelola oleh Rian Mahendra, CEO PO Haryanto saat ini, telah memiliki lebih dari 150 ribu anggota. Sebagian besar dari mereka adalah pengguna layanan transportasi ini.

Di media sosial, PO Haryanto pernah menjadi perbincangan karena pengemudinya dikenal memiliki kemampuan mengemudi yang cakap. Ini tentunya penting banget sebagai salah satu jaminan keselamatan selama dalam perjalanan. Nah, apakah Anda juga ingin jadi Haryanto Mania? Yuk, pesan tiketnya sekarang di Traveloka dan jangan lupa saksikan live streaming Traveloka NgeBasreng untuk tahu promo menariknya.

Baca Juga: Tips Naik Pesawat yang Aman Selama Pandemi COVID-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Asuransi Mobil Garda Oto berkata:

    Informasi yang menarik