Waktu Yang Tepat Untuk Minta Kenaikan Gaji

7 Tips Mudah Minta Kenaikan Gaji Untuk Karyawan

Setiap karyawan tentunya memiliki keinginan untuk mendapatkan kenaikan gaji, sehingga tidak mengherankan banyak dari mereka yang ingin gajinya dibulan depan bisa naik. Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan, tentu ada peningkatan jabatan hingga upah atai gaji yang diterima oleh setiap karyawan.

Pada kesempatan yang indah ini kami akan berbagi kepada anda mengenai tips mudah minta kenaikan gaji khususnya bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari 1 – 2 tahun, pada intinya tips ini bisa membantu anda untuk menyusun langkah yang tepat dalam mengajukan kenaikan gaji kepada atasan.

Banyak sekali karyawan yang ditolak dalam proses kenaikan gaji karena beberapa hal sepele yang tidak diketahui oleh karyawan tersebut, maka dari itu, pastikan beberapa tips dibawah ini bisa anda terapkan untuk mendapatkan kenaikan gaji dari perusahaan tempat anda bekerja. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

7 Tips Mudah Minta Kenaikan Gaji di Perusahaan Tempat Bekerja

Mempertimbangkan lama waktu anda bekerja sebelum minta kenaikan gaji

Cara Negosiasi Gaji Waktu Yang Tepat Minta Kenaikan Gaji

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan dengan baik ketika hendak meminta kenaikan gaji adalah mempertimbangkan lama waktu anda bekerja di perusahaan tersebut.

Setiap karyawan tentu memiliki waktu lama bekerja di sebuah perusahaan. Anda bisa meminta kenaikan gaji kepada atasan kalau lama pekerjaan anda sudah benar-benar mencukupi.

Terkadang setiap perusahaan memiliki aturan sendiri dalam hal ini. Ada yang kurang dari 1 tahun, lebih dari 1 tahun atau maksimal 5 tahunan. Jadi, sebelum anda memutuskan minta kenaikan gaji kepada perusahaan, ada baiknya lihat kembali lama waktu anda bekerja.

Jangan sampai anda mengajukan kenaikan gaji di masa kerja yang baru beberapa bulan saja. Hal ini bisa menimbulkan rasa kurang percaya atasan terhadap perfoma kerja anda.

Sukses di project dalam waktu yang tepat

Sukses mendapatkan pekerjaan sesuai passion

Tips meminta kenaikan gaji yang paling tepat diwaktu anda menyelesaikan project dan suskes di waktu yang tepat. Ini adalah cara terbaik untuk mengajukan kenaikan gaji kepada atasan.

Waktu seperti ini adalah waktu yang paling bahagia dan mudah sekali membuat mood atasan menjadi lebih baik. Terlebih lagi anda sudah berhasil menyelesaikan project yang diembankan untuk anda.

Pastinya perusahaan akan memperoleh keuntungan dari hasil kerja keras anda, alhasil kenaikan gaji bisa dicapai dengan mudahnya. Karena jelas, setiap pimpinan memiliki cara sendiri untuk memberikan kenaikan gaji kepada setiap karyawan mereka, tidak mengherankan kalau target perusahaan mencapai keuntungan juga butuh bantuan dari setiap karyawan yang bekerja.

Jadi, ini adalah waktu terbaik untuk anda karyawan yang ingin mengajukan kenaikan gaji. Meskipun tidak setiap perusahaan akan menyetujuinya, paling tidak ada pertimbangan tertentu yang diberikan kepada anda.

Hitung rata-rata kenaikan gaji secara umum

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setiap perusahaan tempat bekerja memiliki cara sendiri untuk memberikan kenaikan gaji kepada karyawan mereka, hitungan dalam persen menjadi kunci utama dalam memberikan kenaikan gaji.

Bagi anda yang ingin meminta kenaikan gaji, cobalah lakukan perhitungan terlebih dahulu dengan rata-rata kenaikan gaji banyak perusahaan di Indonesia.

Bandingan dan analisa kembeli besarnya persenan kenaikan gaji yang didapatkan.

Cara ini lebih mudah untuk memberikan keputusan kepada anda dalam mengajukan kenaikan gaji kepada pimpinan, jika besarnya berpengaruh pada penghasilan anda, silahkan ajukan, tetapi kalau besaran kenaikan tidak ada 10% dari gaji utama anda, lebih baik tampung dulu untuk waktu mendatang.

Cara ini banyak diterapkan oleh sebagian besar karyawan dalam meminta kenaikan gaji pada perusahaan tempat mereka bekerja. Alhasil, mereka mempertimbangkan kembali untuk hal tersebut.

Riset standar gaji sesuai dengan posisi pekerjaan anda

penghasilan google adsense

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan ketika ingin meminta kenaikan gaji, yaitu melakukan riset terlebih dahulu terhadap besaran gaji yang sesuai dengan bidang pekerjaan anda.

Ini penting sekali, karena anda bisa membandingkan perusahaan satu dengan lainnya dalam memberikan gaji di posisi tertentu.

Hal ini juga bisa memberikan anda motivasi yang kuat untuk mengajukan kenaikan gaji kepada pimpinan perusahaan, dengan begitu anda bisa mendapatkan target yang di inginkan.

Riset standar gaji atau upah sesuai dengan posisi ini banyak sekali dipakai para karyawan untuk mencari tahu besaran gaji sesuai dengan posisi yang mereka duduki sekarang ini.

Jadi, mereka bisa dengan mudah mengajukan kenaikan gaji pada perusahaan tempat bekerja.

Mengenali sifat dan sikap bos anda dengan baik sebelum minta kenaikan gaji

Minta Kenaikan Gaji Pada Bos

Tips berikutnya agar kenaikan gaji anda sukses, kenali dulu sifat dan sikap dari bos anda. Apakah mereka termasuk orang yang mudah memahami kesejahteraan karyawan atau orang yang selalu ingin perfect atau sempurna dalam urusan pekerjaan.

Setidaknya bos atau pimpinan bisa menilai kinerja dari setiap karyawannya, sehingga anda tidak perlu takut kembali jika kinerja anda selama ini baik-baik saja.

Pastinya, hindari cuti yang tidak perlu atau bolos saat bekerja, sehingga bisa menambah rasa percaya diri anda dalam meminta kenaikan gaji kepada pimpinan.

Ada banyak sekali karyawan yang tidak tahu malu meminta kenaikan gaji, padahal dirinya seringkali bolos bekerja tau cuti beberapa minggu sekali.

Hal seperti ini yang tidak disukai oleh si pimpinan, jadi cukup ragu kenaikan gaji disetujui atau tidak.

Baca Juga : Cara Negosiasi Gaji yang Benar dan Ampuh

Membuat daftar prestasi yang pernah anda dapatkan

Menghitung dengan baik untuk minta kenaikan gaji

Tips berikutnya agar pengajuan kenaikan gaji anda disetujui oleh pimpinan adalah membuat daftar prestasi yang pernah anda dapatkan sebelumnya selama bekerja di perusahaan tersebut.

Apa sih pentingnya mengumpulkan daftar prestasi ? Hal ini berhubungan untuk memberikan pertimbangan yang kuat, terkait dengan alasan bos atau pimpinan harus menaikkan gaji anda.

Tentu pimpinan akan bertanya tentang hal ini, jika anda sudah mempersiapkan semuanya, akan memudah proses kenaikan gaji dibulan depan.

Bagaimana, apakah anda sudah memiliki sekumpulan prestasi yang siap diajukan ke pimpinan? Jika belum, cobalah kumpulkan selama anda bekerja di perusahaan tersebut dan jadikan bukti kuat kalau anda layak mendapatkan kenaikan upah atau gaji sesuai dengan standar kenaikan yang berlaku.

Cari waktu yang paling tepat untuk minta kenaikan gaji

Waktu Yang Tepat Untuk Minta Kenaikan Gaji

Mencari waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji juga salah satu hal paling penting yang perlu anda lakukan. Contohnya, ketika perusahaan sedang mengalami keuntungan besar ataupun ketika perusahaan sedang profit.

Inilah waktu tepat untuk anda meminta kenaikan gaji pada pimpinan perusahaan. dengan begitu, besar kemungkinan pengajuan bisa disetujui dengan mempertimbangkan berbagai hal yang ada.

Nah itulah beberapa tips dari kami untuk anda yang ingin meminta kenaikan gaji pada perusahaan tempat bekerja.

Semoga dengan adanya informasi seperti ini, bisa membantu anda untuk menemukan cara dan waktu terbaik kapan harus mengajukan kenaikan gaji pada perusahaan tempat bekerja.

Terimakasih sudah berkunjung, jika ada hal yang kurang dipahami bisa langsung bertanya di kolom komentar. Terimakasih.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.