Pentingnya Blogger Untuk Membuat URL yang SEO Friendly bagi Website

url SEO Friendly bagi Website
Sumber: https://www.freepik.com/free-vector/www-concept-illustration_8331461.htm#page=2&query=url&position=24&from_view=search

Menjadi seorang blogger dan mengurus website sendirian memang bukanlah hal yang mudah. Sebab Anda juga perlu tahu apa saja yang dapat mempengaruhi SEO agar website dapat bersaing di mesin pencarian dengan baik.

Salah satu hal yang penting namun masih sering diabaikan oleh para blogger adalah membuat url yang SEO friendly. Baik itu pengguna Blogger maupun WordPress maka sebaiknya selalu menggunakan url yang SEO friendly.

Bacaan Lainnya

Sebagai pengguna WordPress dengan website yang semakin mempunyai banyak pengunjung setiap harinya, saat ini kami sedang memikirkan untuk menggunakan VPS paling murah, bukan lagi memikirkan cara membuat url yang SEO friendly karena itu sudah selalu kami lakukan.

Tapi pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai pentingnya url bagi website. Jadi silahkan simak tips berikut ini agar Anda dapat membuat url dengan lebih baik.

URL SEO Friendly bagi Website

Sebelumnya kami anggap Anda sudah tahu atau minimal paham mengenai apa pengertian url itu sendiri. Jadi kami akan langsung membahas dan memberikan tips untuk membuat url yang SEO friendly.

Yang terpenting dalam membuat url agar SEO adalah dengan mencantumkan kata kunci artikel yang sedang Anda bidik. Jadi contohnya begini. 

Kami membuat artikel dengan membidik kata kunci “yayasan penyalur kerja” maka url yang kami gunakan adalah pencarinafkah.com/yayasan-penyalur-kerja.

Meskipun judul artikel boleh lebih panjang tapi sebaiknya url jangan terlalu panjang-panjang seperti judul. Cukup dengan kata kunci saja dan jangan sampai mempunyai url yang double pada satu website.

Sedangkan kalau Anda ingin membidik kata kunci yang panjang maka tidak masalah kalau url akan sedikit lebih panjang.

Kata kunci yang pendek memang dapat membuat url lebih simple dan terlihat keren. Namun kata kunci yang pendek sangat susah dimenangkan pada mesin pencarian. Daripada cuma tenggelam dan tidak ada yang baca maka lebih baik gunakan kata kunci yang sedikit lebih panjang.

Tips selanjutnya saat membuat url SEO friendly adalah hindari menggunakan angka pada url yang Anda buat. Contohnya seperti ini: 

Kami mempunyai artikel yang berjudul 7 Alasan Kenapa Banyak Orang Tertarik Untuk Magang Kerja di Jepang sedangkan url yang kami gunakan adalah pencarinafkah.com/alasan-magang-kerja-di-jepang/.

Alasan kenapa Anda tidak disarankan untuk menggunakan angka pada url adalah karena jika nanti artikel tersebut mengalami update menjadi 14 Alasan Kenapa Banyak Orang Tertarik Untuk Magang Kerja di Jepang maka url tetap sama.

Coba bayangkan jika Anda menggunakan angka 7 pada url kemudian setelah artikel mengalami update menjadi 14 maka kalau url tidak berubah akan tidak akan sinkron dengan judul dan isi artikel.

Padahal merubah permalink atau url artikel yang sudah reindex dapat menyebabkan error.

Jadi usahakan saat membuat url atau permalink langsung buat url yang SEO friendly agar tidak perlu repot melakukan perubahan permalink di kemudian hari.

Mengatur URL di WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress maka ada hal yang perlu Anda setel terlebih dahulu. Silahkan masuk ke menu Setting / Pengaturan kemudian pilih sub menu Permalink. Pada halaman tersebut pilir format url yang Post name atau Nama tulisan. Kemudian klik Simpan Perubahan.

Contoh: https://pencarinafkah.com/contoh-tulisan/

Sedangkan untuk website berita bisa juga memilih menggunakan format Bulan dan nama.

Contoh: https://pencarinafkah.com/2022/04/12/contoh-tulisan/

Setelah itu Anda hanya perlu mengedit url yang SEO friendly pada setiap akan mempublish artikel terbaru. Jika Anda menggunakan plugin SEO seperti Yoast atau yang lainnya pastinya akan ada indikator yang mengharuskan Anda untuk mencantumkan kata kunci pada url artikel tersebut.

Mengatur URL di Blogger

Dan apabila Anda menggunakan blogger untuk website Anda maka pada setiap postingan sebelum diterbitkan maka silahkan melakukan perubahan pada bagian Permalink yang ada di sisi kanan.

Pada bagian Permalink tersebut silahkan pilih yang Permalink Khusus. Kemudian isi dengan mencantumkan kata kunci artikel yang dibuat. Jika tidak begitu maka url otomatis akan sama seperti judul pada artikel yang bisa saja kepanjangan.

Setelah membaca informasi ini kami harap setiap membuat postingan Anda sudah harus menggunakan url yang SEO friendly.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Modal HP Yang Mudah dan Gratis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.