Penyebab dan Pencegahan Mata Katarak

Katarak adalah nama dari salah satu penyakit mata yang mengganggu pandangan karena adanya bercak putih layaknya sebuah awan pada lensa mata. Dan siapapun yang mengalami katarak pastinya akan kesulitan untuk melakukan beberapa aktivitas yang membutuhkan penglihatan dengan jelas seperti menyetir kendaraan, membaca, dan kegiatan lainnya.

Mata katarak merupakan kondisi medis yang umum terjadi di mana lensa mata menjadi keruh. Apakah Anda sudah tahu mata katarak itu seperti apa? Berikut ini adalah penyebab dan juga ciri-ciri dari mata katarak.

Bacaan Lainnya

Penyebab Mata Katarak

Ada beberapa faktor penyebab mata katarak. Berikut akan kami rangkum beberapa diantaranya.

1. Faktor Usia

Salah satu penyebab utama mata katarak adalah proses penuaan. Lensa mata akan mengalami perubahan seiring waktu, menyebabkan kekeruhan yang mengganggu penglihatan. Dengan bertambahnya usia maka lensa mata menjadi semakin tebal dan tidak lagi fleksibel.

2. Trauma dan Cedera

Cedera pada mata juga dapat menyebabkan terjadinya katarak. Bahkan, benturan ringan saja dapat memicu perkembangan katarak. Banyak faktor yang bisa membuat mata cedera, untuk itu sebaiknya kita semua berhati-hati dan menjaga mata agar tidak mudah mengalami cedera baik itu ringan atau berat.

3. Faktor Bawaan

Beberapa kasus katarak juga terkait dengan faktor bawaan atau genetik yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini. 

Resiko Mata Katarak

Penderita mata katarak harus mengetahui apa saja resiko yang akan dialami. Berikut ini adalah beberapa resiko dari mata katarak.

1. Diabetes

Penderita diabetes memiliki resiko lebih tinggi untuk mengembangkan katarak. Kondisi ini mempengaruhi metabolisme tubuh dan juga kesehatan mata.

2. Paparan Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet (UV) juga dapat berkontribusi pada terjadinya katarak. Penting untuk melindungi mata dari paparan sinar UV yang berlebihan.

3. Pilihan Gaya Hidup

Merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan pola makan yang tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko katarak.

Tanda dan Gejala Mata Katarak

Adapun tanda dan gejala mata katarak bisa diperhatikan pada beberapa poin berikut ini.

1. Penglihatan Kabur

Salah satu tanda utama katarak adalah penglihatan yang kabur, sulit untuk melihat dengan jelas bahkan dengan kacamata sekalipun.

2. Sensitivitas terhadap Cahaya

Penderita katarak sering mengalami sensitivitas yang lebih besar terhadap cahaya terang.

3. Kesulitan Melihat di Malam Hari

Kondisi ini membuat sulit untuk melihat dengan jelas pada kondisi pencahayaan yang minim, seperti di malam hari.

Tindakan Pencegahan Mata Katarak

Tentu saja ada sebuah tindakan yang bisa dilakukan untuk pencegahan mata katarak. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran, dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jadi ada baiknya jika Anda mulai mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan mata.

Kemudian jangan lupa juga untuk mengatur penggunaan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UV saat berada di luar ruangan sangat penting untuk mencegah kerusakan mata.

Yang terakhir selalu lakukan pemeriksaan mata secara teratur karena hal tersebut dapat membantu dalam mendeteksi katarak pada tahap awal, memungkinkan untuk tindakan pencegahan lebih lanjut. Jika Anda mulai merasakan gangguan pada mata atau penglihatan.

Baca Juga: Efek Buruk Membiarkan Mata Katarak

Melakukan konsultasi kepada ahli dalam bidang mata katarak seperti KMN EyeCare untuk mendapatkan penanganan terbaik jika Anda mengalami gejala mata katarak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *