Oleh Oleh Klaten

8 Oleh-Oleh Khas Klaten Untuk Keluarga Dirumah

Setelah berkunjung ke kota Klaten sepertinya kurang lengkap kalau tidak membawakan oleh-oleh khas Klaten untuk keluarga dirumah atau rekan kerja kantor.

Klaten sendiri memang mempunyai banyak tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. seperti ; umbul ponggok, umbul sigedang – kapilaler, atau wisata lain selain umbul.

Bahkan warga Klaten asli pun kalau mudik dan hendak kembali ke perantauan tidak lupa untuk membawakan oleh-oleh khas Klaten kesukaannya.

Oleh-oleh Khas Klaten Yang Rekomended Buat Dibeli

1. Keripik Belut

Keripik Belut Oleh Oleh Khas Klaten

Keripik belut menjadi oleh-oleh khas Klaten yang banyak disukai karena rasanya yang enak buat cemilan dan bisa juga digunakan untuk lauk saat makan.

Keripik belut bisa ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Klaten, Untuk harga per kilonya bisa mecapai 90 ribu sampai 120 ribu. Apalagi kalau momen lebaran bisa mencapai harga 120 ribu.

Untuk anda yang keberatan beli per kilo, ada juga kok kemasan yang seperempat kilo dan setengah kilo. Agar bisa beli lebih banyak kemasan.

2. Keripik Cakar

Oleh Oleh Khas Klaten

Keripik cakar ini terbuat dari cakar ayam dimana cakar ayam tersebut tentu saja sudah dibersihkan dan dihilangkan kulitnya.

Rasanya gurih serta renyah. Meski tak sepopuler keripik belut, namun keripik cakar juga bisa anda gunakan sebagai oleh-oleh agar oleh-oleh yang anda bawa makin beraneka macam.

3. Keripik Paru

Oleh Oleh khas Klaten

Keripik paru disini adalah paru sapi ya, bukan paru ayam.

Proses pembuatan keripik paru ini mungkin terbilang panjang dan lama paru harus dibersihkan dan disterilkan (dengan memasukannya ke freezer).

Setelah menjadi beku dan tekstur sudah kaku barulah paru bisa dipotong dan dibumbui sebelum digoreng.

Belut, Ayam, atau Sapi manakah yang anda suka?

4. Wajik

Wajik Oleh Oleh Khas Klaten

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat wajik adalah kelapa dan gula. Namun umumnya wajik ini diberi tambahan bahan beras ketan di dalamnya.

Sehingga rasa dari wajik ini sangatlah manis, sehingga wajik cocok dijadikan oleh-oleh buat anda yang suka rasa manis.

5. Geplak

Geplak Oleh Oleh Klaten

Masih dengan rasa manis, selain wajik anda juga bisa mencicipi rasa manis dari gelpak. Meski bahan yang dipake untuk pembuatan geplak hampir sama dengan wajik namun kedua makanan ini berbeda rasanya.

Geplak terbuat dari parutan kelapa yang dimasak dan ditambahkan dengan gula sehingga rasanya menjadi manis.

Selain memiliki rasa manis kedua makanan ini (wajik dan geplak) juga mempunyai warna yang bervariasi. Dan harganya pun lebih terjangkau.

Oleh-oleh Klaten yang cocok buat keponakan atau anak-anak dirumah.

6. Kepelan

Kepelan Oleh Oleh Klaten

Asal nama kepelan adalah bentuk makanan ini terbentuk mirip seperti hasil kepalan tangan.

Kepelan terbuat dari tepung gandum, bawang putih, bawang merah, merica, dan garam. Sehingga mempunyai rasa yang gurih dan enak.

Kepelan lebih enak dimakan dengan tambahan saus atau sambal saat masih hangat.

7. Slondok

Slondok Khas Klaten

Jika mencari makanan ringan dengan rasa yang gurih dan pedas seperti kepelan (jika dikasih sambal) anda bisa membeli slondok.

Slondok dibuat dari singkong yang sudah digiling dan direbus hingga merata dengan bumbu spesial.

Setelah itu adonan dibentuk seperti gelang lalu dijemur sampai kering baru digoreng dan dikemas.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, oleh-oleh khas klaten slondok ini sudah tersedia berbagai rasa tanpa melupakan rasa originalnya.

8. Kaos Klaten

Oleh-oleh khas Klaten

Oleh-oleh tidak harus makanan kan ya?

Nah, untuk anda yang ingin membelikan oleh-oleh khas klaten yang bukan makanan anda bisa membeli kaos KlatenYoben.

Kaos KlatenYoben ini bukan kaos yang abal-abal ya, kualitasnya bagus dan desainnya menarik kok. Harganya juga terjangkau 80 ribu untuk lengan pendek dan 90 ribu untuk lengan panjang.

Selain kaos di KlatenYoben juga ada topi buat anda yang suka pake topi jangan lupa beli.

Baca Juga : Grosir Hijab Syari Dari Klaten Jawa Tengah

Nah kalau anda masih di kota Klaten jangan lupa juga mampir ke tempat makan makanan khas Klaten yang enak dan mungkin sudah dikenal di berbagai kota besar lainnya.

Makanan khas klaten yang patut anda coba ada ; Soto Bebek, Sego(Nasi) Wiwit, Sego(Nasi) Gudangan, Sego(Nasi) Tumpang Lethok, Trancam, Bakmi Miroso, Sop Ayam Pak Min, HIK (Hidangan Istimewa Klaten) ayau Angkringan.

Jadi oleh-oleh khas Klaten apa yang sudah anda beli dan makanan khas Klaten apa yang sudah anda cobain? Yuk sharing di kolom komentar.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.