Tertarik dengan Bisnis Cafe, Inilah Modal Buka Cafe yang Perlu Diketahui

Modal Buka Cafe
Sumber : https://www.pexels.com/

Semakin banyak ide bisnis yang bisa menjadi peluang untuk meraup keuntungan. Salah satunya adalah bisnis cafe yang semakin banyak dilirik oleh masyarakat. Namun, tidak sedikit yang merasa bingung berapa modal buka cafe yang harus disediakan bagi yang ingin memulai bisnis cafe.

Dari beberapa forum umum mengatakan jika modal yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis cafe bisa mulai dengan modal sebesar 10 juta. Namun, pertanyaannya apakah dengan modal 10 juta tersebut sudah benar-benar cukup untuk memulai bisnis cafe? Nah oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai modal buka cafe.

Modal Buka Cafe

Bisnis cafe bisa dikatakan bisnis yang mengutamakan kenyamanan orang-orang untuk bersantai, sekedar kumpul dan ngobrol baik dengan teman ataupun keluarga. Sekarang ini selain pergi ke mall, cafe menjadi trend di kalangan masyarakat khususnya anak muda. Apalagi yang paling banyak diminati adalah cafe mini yang terletak di pinggir jalan.

Jadi tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang mulai tertarik dengan bisnis cafe. Namun, sebelum memulai bisnis ini sebaiknya perhatikan terlebih dahulu rincian modal usaha cafe yang akan kita ulas berikut ini.

Untuk perkiraan modal yang harus Anda persiapkan sebaiknya yaitu sekitar 20 hingga 25 juta. Lebih jelasnya sebagai berikut:

Pertama apabila Anda tidak memiliki bangunan sendiri maka Anda harus menyiapkan modal untuk sewa bangunan atau toko. Untuk biaya sewa biasanya tergantung harga di daerah masing-masing. Akan tetapi pada umumnya berkisar 8-10 juta per tahun.

  • Meja dan kursi 10 set dengan harga 100.000/set
  • Etalase dengan kisaran harga 1.000.000
  • Peralatan makan seperti piring, gelas dan lain-lain 1.500.000
  • Peralatan masak dan lainnya sekitar 3.500.000
  • Bahan baku berkisar 3.000.000
  • Biaya lain-lain 4.000.000
  • Gaji karyawan 2.000.000
  • Total 24.000.000

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Cafe

Selain modal buka cafe hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini yaitu perencanaan yang matang. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang membuat Anda mengalami kerugian dan membantu Anda bisa bersaing dengan cafe yang lain.

Berapa Modal Buka Cafe?
Sumber : https://www.pexels.com/

1. Perhatikan Perkembangan Tren

Untuk membuka bisnis cafe Anda harus bisa mengikuti perkembangan tren. Karena bagaimanapun dari waktu ke waktu akan selalu ada tren yang baru yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin mencoba bisnis satu ini.
Mulai dari konsep, pemasaran dan hal lainnya yang bisa meningkatkan performa Cafe Anda.

2. Target Pasar

Umumnya orang-orang mengusung tema cafe sesuai dengan target mereka. Misal jika menargetkan anak muda berarti Anda bisa mencari cafe yang instagramable, sedangkan untuk keluarga biasanya lebih ke dekorasi yang menghadirkan kehangatan.

3. Lokasi

Ketiga yang harus Anda perhatikan yaitu lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis yang dekat dengan jalan raya. Selain itu perhatikan pula apakah tempat itu terbilang ramai atau tidak. Anda bisa memilih cafe yang dekat dengan tempat tertentu yang ramai pengunjung. Terakhir perhatikan pula tempat parkir yang berada di lokasi tersebut.

4. Pegawai Part Time

Agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Anda bisa mempekerjakan pegawai part time. Sebisa mungkin Anda pun juga bisa mengerjakan pekerjaan yang masih bisa Anda lakukan sendiri.

Salah satu kelebihan dari menggunakan pegawai part time yaitu Anda tidak harus tetap membayar mereka per bulannya jika kondisi cafe sedang sepi pengunjung.

5. Bahan Baku Grosir

Hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu penggunaan bahan baku. Sebaiknya Anda membeli bahan baku makanan atau minuman di pedagang grosir. Dengan begini Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga : Toko Grosir Kaos Polos Klaten 100% Cotton Combed 30s Siap Kirim ke Seluruh Indonesia

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memulai bisnis cafe. Hal tersebut bisa membantu Anda sebisa mungkin meminimalisir kerugian dan mengetahui modal buka cafe. Apabila tertarik untuk memulai jangan lupa untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.