Mengenal Materi SKD CPNS

Sumber: https://pixabay.com/id/vectors/datar-desain-simbol-ikon-www-2126884/

Di Indonesia lowongan CPNS yang hampir dibuka setiap tahun ini selalu menjadi rebutan oleh banyak orang. Bisa dikatakan kebanyakan masyarakat Indonesia mempunyai keinginan untuk menjadi CPNS.

Karena memang dengan menjadi CPNS dapat membuat keluarga bangga. Dan kami yakin bahwasannya salah satu cara untuk membahagiakan orang tua dan segenap keluarga adalah dengan menjadi CPNS.

Bacaan Lainnya

Belum lagi setelah menjadi CPNS Anda akan mendapatkan citra yang baik di tengah-tengah masyarakat. Meski demikian ternyata tidak semua orang tertarik dengan CPNS, itu memang pilihan masing-masing setiap orang.

Apabila Anda tertarik untuk menjadi CPNS maka bersiaplah untuk menghadapi sesuatu yang tidak mudah untuk Anda wujudkan. Tidak mudah yang kami maksud bukan berarti adalah hal yang mustahil untuk didapatkan.

Justru alasan kami mengatakan tidak mudah adalah agar Anda berjuang dengan lebih baik lagi mengingat akan ada ribuan orang yang juga menginginkan posisi CPNS sama seperti Anda.

Hal ini bisa dilihat saat lowongan CPNS dibuka, dan selang beberapa hari saja sudah ada ribuan orang yang melamarnya. Artinya Anda harus bersaing dengan banyak orang untuk lolos dan mendapatkan hasil yang Anda impikan selama ini.

Materi SKD CPNS

Setelah tertarik dengan CPNS maka Anda harus ikut mendaftarkan diri begitu ada lowongan CPNS yang dibuka. Mengenai banyaknya persaingan maka Anda tidak perlu terlalu memikirkan hal tersebut. Yang terpenting adalah Anda harus siap untuk menghadapi segala tes yang akan Anda temui nantinya.

Salah satu tes yang mungkin akan Anda jumpai nantinya adalah Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara atau yang biasa disingkat dengan SKD CPNS.

Materi SKD CPNS ini wajib Anda pelajari sebelum tes berlangsung karena ada berbagai macam tes yang kami rasa kurang efektif apabila hanya dipelajari hanya dalam waktu satu malam saja.

Beberapa materi yang ada pada SKD CPNS ini antara lain:

1. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes Intelegensia Umum ini sendiri akan mencakup beberapa hal seperti; Kemampuan Verbal yang di dalamnya terdiri dari Analogi, Silogisme, dan Analitis.

Selain Kemampuan Verbal, ada juga Kemampuan Numerik yang di dalamnya berisi angka. Jadi pastikan Anda sudah siap untuk mengerjakan soal berhitung dan beberapa jenis soal lainnya seperti; deret angka, perbandingan kuantitatif, hingga soal cerita.

Yang terakhir ada Kemampuan Figural yang tidak lain dan tidak bukan adalah seputar Analogi, Ketidaksamaan, dan Serial.

Baca Juga: Apa itu Tiu 5, Tes Psikotes Seleksi Perusahaan

2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Beruntung bagi Anda yang menyukai pelajaran PPKN pada masa sekolah karena ternyata pada saat tes CPNS akan ada banyak sekali soal wawasan kebangsaaan yang perlu Anda kerjakan.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini meliputi Nasionalisme, Integritas, Pilar Negara, Bela Negara.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Untuk materi SKD CPNS yang terakhir adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dimana dalam tes ini Anda akan mengerjakan berbagai soal yang nantinya dapat menunjukkan karakteristik pribadi Anda.

Soal-soal yang akan Anda hadapi adalah tentang; Pelayanan Publik, Jejaring Kerja, Profesionalisme, TIK, Sosial Budaya, dan Anti Radikal.

Setelah mengetahui kalau ada banyak tes yang akan Anda hadapi saat mengikuti CPNS maka Anda perlu banyak mempelajari materi CPNS supaya Anda siap dengan berbagai tes yang akan datang nantinya. Kesiapan Anda dalam menghadapi tes akan sangat berpengaruh pada hasil Anda mengerjakan tes, jadi usahakanlah sebaik mungkin supaya mendapatkan hasil yang baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *