Apakah Anda Sudah Mengenal Gejala Pembengkakan Jantung?

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/

Mengenal gejala pembengkakan jantung adalah hal yang sangat penting untuk Anda ketahui terlebih lagi kalau Anda mempunyai keadaan yang tidak normal pada jantung. Beberapa penyakit juga ternyata dapat menjadi pemicu jantung membengkak.

Jadi pembengkakan jantung bukanlah sebuah penyakit melainkan efek dari beberapa penyakit yang mengakibatkan terjadinya masalah pada otot jantung sehingga jantung membengkak.

Bacaan Lainnya

Pembengkakan jantung atau yang sering disebut dengan Kardiomegali adalah ketika kondisi jantung mengalami pembengkakan atau pembesaran karena penyakit tertentu. Pembengkakan jantung ini bisa bersifat sementara dan juga bisa bersifat selamanya.

Pengertian apa itu pembengkakan jantung tersebut harus Anda ingat dengan baik supaya Anda bisa melakukan penanganan dengan tepat jika ternyata Anda mempunyai resiko mengalami pembengkakan jantung. Namun sebisa mungkin jangan sampai mengalami pembengkakan jantung karena bisa mengakibatkan hal yang fatal.

Efeknya adalah saat penderita mengalami pembengkakan jantung maka penderita tersebut bisa mengalami gagal jantung atau detak jantung menjadi tidak normal. Jelas hal seperti ini tidak bisa untuk dibiarkan begitu saja, apabila Anda mengalami gelaja pembengkakan jantung sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter.

Lalu Apa Saja Sih Gelaja Pembengkakan Jantung Itu?

Kita memang perlu untuk mengenal gejala pembengkakan jantung agar kita bisa melakukan penanganan secara tepat. Berikut ini adalah beberapa gejala pembengkakan jantung yang perlu Anda ketahui :

  • Terjadi pembengkakan pada bagian kaki, lutut, dan pergelangan kaki.
  • Mengalami sesak nafas atau batuk saat berbaring.
  • Pusing yang dapat menyebabkan pingsan.
  • Terasa sulit atau tidak bisa bernafas dengan baik / normal.
  • Kondisi menjadi lemah.
  • Seperti terdapat tekanan di bagian dada sehingga tidak nyaman.
  • Abdomen membengkak.

Apabila Anda mengalami gelaja-gejala yang sudah kami sebutkan maka alangkah baiknya Anda untuk segera menghubungi dokter. Sebab jika hal ini dibiarkan Anda bisa mengalami gagal jantung seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Setelah mengetahu gelaja dari pembengkakan jantung mungkin Anda juga perlu mengetahu apa saja penyebab yang bisa membuat pembengkakan pada jantung bukan?

Penyebab Pembengkakan Jantung

mengenal gejala pembengkakan jantung
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/

Berikut ini adalah beberpa penyebab yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada jantung. Silahkan perhatikan dengan baik dan cari tahu lebih lanjut terhadap apa yang kami sebutkan berikut ini :

  1. Penyakit jantung bawaan sejak lahir.
  2. Tekanan darah tinggi.
  3. Kardiomiopati.
  4. Serangan jantung.
  5. Penyakit katub jantung.
  6. Iskemia jantung.
  7. Efusi perikardial.
  8. Penyakit arteri koroner.
  9. Anemia.
  10. Gangguan tiroid.
  11. Kelebihan zat besi.
  12. Aritmia.

Jadi Anda wajib menghindari penyebab pembengkakan jantung tersebut agar terhindar dari pembengkakan jantung dengan melakukan pola hidup sehat.

Yuk Ubah Kebiasaan Buruk

Dan apabila Anda adalah perokok maka mulai sekarang Anda harus meninggalkan kebiasaan tersebut agar tidak mengalami pembengkakan jantung. Selain tidak boleh merokok Anda juga harus meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Rokok dan alkohol memang harus Anda tinggalkan sebab banyak hal buruk yang dapat timbul dari kedua hal tersebut. Padahal kita sudah dijelaskan bahwa rokok itu berbahaya, bahkan sudah banyak gambar penyakit yang terpampang pada bungkus rokok. Jadi yuk berhenti merokok dan berhenti minum alkohol.

Selain itu Anda juga harus mengubah kebiasaan buruk seperti malas bergerak. Di kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini Anda tetap saja tidak boleh untuk malas bergerak sebab malas bergerak juga bisa membuat Anda kurang sehat.

Sebaiknya mulailah untuk rutin melakukan olahraga, meski Anda adalah orang yang sibuk namun kami tetap menganjurkan Anda menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga meski hanya sebentar saja.

Anda juga harus memperhatikan konsumsi makanan dan minuman demi memulai pola hidup yang benar-benar sehat.

Dengan membaca artikel ini kami harap Anda bisa mengenal gelaja pembengkakan jantung dengan baik dan agar Anda dapat terhindar dari pembengkakan jantung. Karena sebisa mungkin Anda perlu untuk menghindari segala kemungkinan terburuk yang dapat terjadi.

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Sumber : https://www.anlene.com/id/ms/pembengkakan-jantung.html

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.