Mekanisme Transaksi Reksa Dana Saham yang Perlu Anda Pahami

Reksa Dana Saham
Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/focused-asian-man-using-tablet-drinking-coffee_4010194.htm#page=2&query=man%20holding%20smartphone&position=45&from_view=search

Beberapa orang mungkin masih bingung bagaimana cara memutar keuangannya agar tetap memberi keuntungan. Jenis investasi Reksa Dana Saham merupakan rekomendasi yang paling banyak dipilih. Sebab, sistem kerja dari investasi ini memberi banyak peluang keuntungan meskipun Anda masih pemula dalam bidang tersebut.

Namun, untuk dapat terjun langsung ke dalam dunia investasi. Terutama ketika Anda belum mengenal jauh apa itu Reksa Dana Saham? Maka, sebaiknya pahami terlebih dahulu alur kerja atau proses transaksi yang akan dilakukan nantinya.

Bacaan Lainnya

Hal ini sangat penting untuk dipahami, sebab akan memberikan Anda gambaran. Terkait proses kerja dan bagaimana sistem keuntungan dari dana yang Anda masukkan. Oleh karena itu, Anda sebagai calon investor Reksa Dana Saham sebaiknya memahami betul terkait poin-poin penting yang harus dipelajari dalam bidang ilmu investasi.

Memahami Mekanisme Transaksi Reksa Dana Saham Dalam Investasi

https://www.freepik.com/free-photo/portrait-asian-business-man-business-district-senior-visionary-executives-leader-with-business-vision_11872336.htm

Apa itu Reksa Dana Saham menjadi lebih mudah dipahami dengan mengenal transaksi yang dilakukan. Selain itu, dengan mengenal tiap step by step yang diperlukan dalam berinvestasi akan membuat Anda merasa lebih aman. Pasalnya, proses yang diperlukan sudah Anda ketahui terlebih dahulu. Beberapa mekanisme transaksi dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini:

1. Pembelian Produk Reksa Dana

Transaksi awal dalam investasi yaitu dengan membeli produk Reksa Dana Saham. Pembelian ini dilakukan oleh seorang investor yang menitipkan dananya untuk diinvestasikan sebagai media tabung dana darurat, dana pensiun, atau kebutuhan finansial lainnya.

Pengelolaan dana dari produk ini nantinya akan dikelola oleh perusahaan yang disebut sebagai Manajer Investasi. Dimana produk-produk Reksa Dana Manajer Investasi ini biasanya diperdagangkan kepada publik melalui agen, bank atau perusahaan Reksa Dana rekanan.

2. Reksa Dana Sebagai Wadah Investasi

Kedua, Reksa Dana Saham di sini berperan sebagai sebuah produk. Di mana efektivitasnya sebagai wadah dalam menampung dana masyarakat sebagai modal atau investor. Dana yang telah masuk ini, nantinya akan lanjut diinvestasikan pada portofolio efek yang dilakukan oleh Manajer Investasi.

3. Pengelolaan Dana Oleh Manajer Investasi

Manajer Investasi merupakan pihak yang tugasnya mengelola portofolio efek atau kolektif dari para investor. Sebagai pengelola dana masyarakat pemodal atau investor, Manajer Investasi harus memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjamin dana yang diberikan masyarakat sebagai investasi dikelola dengan baik.

Setelah Anda memasukkan dana untuk membeli produk Reksa Dana Saham. Nantinya Manajer Investasi inilah yang berperan dalam melakukan segala bentuk kegiatan investasi. Mulai dari analisis, strategi investasi, mempelajari pasar, dan beberapa konsep penting lain yang pada akhirnya bertujuan untuk memenuhi tujuan investor dalam mendapatkan return.

4. Penempatan Dana Pada Portofolio Efek

Penempatan dana pada portofolio efek dilakukan oleh Manajer Investasi. Di mana, portofolio efek ini merupakan kumpulan efek yang dikelola oleh Manajer Investasi. Mulai dari surat berharga seperti pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, tanda bukti utang, obligasi, hingga setiap derivatif dari efek.

5. Aset Disimpan Pada Bank Kustodian

Setelah menempatkan dana pada portofolio efek. Manajer Investasi Reksa Dana Saham, akan menyimpan seluruh aset fisik investor di dalam Bank Kustodian yang telah bekerja sama dengan perusahaan. Di mana tugas dari Bank Kustodian ini bertanggung jawab untuk menyimpan dan menjaga aset perusahaan secara kolektif.

Sehingga Bank ini nantinya akan membantu Manajer Investasi setiap transaksi berlangsung. Namun, karena berhubungan dengan keuangan dan dalam jumlah yang sangat besar. Jenis Bank Kustodian ini wajib memiliki izin dari Bank Indonesia (BI) serta mendapat persetujuan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Kontrak Investasi Kolektif (KIK)

Kemudian, mekanisme terakhir dalam transaksi Reksa Dana Saham adalah Kontrak Investasi Kolektif (KIK) antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Di mana, Kontrak Investasi Kolektif ini sangat berperan dalam mengikat pemegang Unit Penyertaan (UP).

Berdasarkan Kontrak Investasi Kolektif yang telah dibentuk sebelumnya, masing-masing memiliki wewenang sendiri. Manajer Investasi berwenang mengelola portofolio investasi secara kolektif, sedangkan Bank Kustodian melaksanakan penitipan.

Mekanisme transaksi dalam investasi ini tentu membutuhkan jeda waktu yang terkadang membuat Anda harus menunggu beberapa lama. Sebab, dalam prosesnya tidak hanya melibatkan Manajer Investasi dan pihak penjual saja. Namun, beberapa pihak penting yang tidak muncul di depan layar juga berperan dalam mengelola dana yang telah Anda masukkan.

Berinvestasi Reksa Dana Saham di DBS Treasures

Apa itu Reksa Dana Saham sudah berhasil Anda pahami melalui penjelasan mekanisme transaksi yang berlangsung. Kini saatnya untuk memilih perusahaan yang menyediakan fasilitas memadai dengan track record baik dalam berinvestasi Reksa Dana Saham.

Anda dapat memilih perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra investasi, sebab akan memberikan beberapa keuntungan diantaranya:

1. Manajer Investasi Professional

Bersama DBS Treasures Anda tidak perlu lagi ragu dalam memulai investasi, Sebab, pengelolaan dana dilakukan oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures. Sehingga, profesionalitasnya dalam bekerja dan menganalisa risiko serta prospek perusahaan sudah terbukti. Selain itu, kinerja yang diberikan pun optimal.

2. Mendapatkan Wawasan Terkait Investasi

Anda juga akan mendapatkan tambahan wawasan terkait jenis investasi yang diinginkan. DBS Treasures didukung oleh tim yang ahli dalam analisis finansial. Sehingga, Anda akan mendapat informasi terbaru terkait analisa pasar serta peluang terkini dan sudah disesuaikan dengan preferensi tiap Nasabah dari tim yang andal dan proaktif berkomunikasi dengan Anda.

3. Diversifikasi Risiko

DBS Treasures fokus memberikan pelayanan terbaik kepada investor. Sehingga, setiap dana yang masuk akan disebar ke dalam beberapa aset investasi untuk meminimalisir risiko. Sehingga, dampak yang ditimbulkan akan lebih berkurang dibanding peletakkan dana pada 1 aset saja.

DBS Treasures sangat cocok dan direkomendasikan bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan mudah. Sebab, dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, Anda tetap bisa melakukan kesibukan lain di sela-sela proses investasi berlangsung. Jadi, tunggu apalagi segera lakukan investasi Reksa Dana Saham hanya di DBS Treasures.

Baca Juga: Cara Jualan dan Belanja di TikTok Shop

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.