4 Manfaat Layanan OSS Bagi Pemilik Usaha di Indonesia

Sumber: https://unsplash.com/photos/man-wearing-gray-polo-shirt-beside-dry-erase-board-3V8xo5Gbusk

Online Single Submission atau OSS adalah perizinan berusaha yang sudah terintegrasi secara elektronik. Manfaat OSS perusahaan salah satunya yaitu mempermudah pengurusan berbagai perizinan, seperti izin lingkungan, izin usaha dan banyak lagi. 

Pengurusan perizinan terpusat dan online akan memudahkan pemilik usaha karena tidak perlu bolak-balik ke kantor dinas terkait.

Bacaan Lainnya

4 Manfaat Layanan OSS Bagi Pemilik Usaha

Pelaku usaha seringkali menghadapi rumitnya sistem perizinan berusaha, sehingga proses bisnis menjadi terhambat. Pada dasarnya ada banyak manfaat layanan OSS bagi pemilik usaha, salah satunya proses perizinan menjadi lebih efektif.  Kehadiran OSS RBA memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraannya.

Berikut ini manfaat OSS RBA bagi pelaku usaha yang ada di Indonesia:

1. Mengurangi Izin Usaha

Izin hanya dibutuhkan oleh pelaku usaha dengan aktivitas bisnis berisiko tinggi. Sedangkan untuk pengusaha kategori risiko rendah tidak memerlukan izin dari pemerintah. Adanya sistem berbasis risiko ini, maka yang termasuk usaha risiko tinggi akan semakin mudah mengurus perizinan. 

Hal ini secara otomatis mengakibatkan verifikasi izin usaha akan berkurang.

2. Memangkas Perizinan Komersial

Adanya layanan OSS RBA menjadi acuan penetapan jenis perizinan berusaha yang dibarengi kontrol, sehingga lebih efektif. Sebab, layanan ini akan menyederhanakan mekanisme perizinan berusaha. Semakin tinggi riisko dari sebuah aktivitas bisnis, maka berbanding lurus dengan ketatnya kontrol yang dijalankan pemerintah.

Hal tersebut juga berakibat semakin meningkatnya perizinan yang dibutuhkan. Sebaliknya, jika aktivitas usaha tergolong rendah, maka semakin mudah untuk mengurus perizinannya. Layanan OSS RBA dapat digunakan untuk seluruh mekanisme perizinan.

3. Memangkas Biaya Perizinan

Tujuan OSS diberlakukan salah satunya yaitu untuk memangkas biaya perizinan yang harus dikeluarkan pengusaha. Pelaku usaha membutuhkan biaya besar untuk memulai usaha, hal ini diperburuk dengan tingginya biaya perizinan usaha. Adanya perizinan melalui OSS ini sebagai terobosan terbaru untuk memangkas biaya yang dikeluarkan pemilik usaha.

Layanan yang terintegrasi akan memudahkan pelaku usaha mengurus perizinan menyesuaikan jenis risiko. Selain itu, pemilik usaha tidak perlu lagi mengunjungi instansi atau lembaga untuk mengurus perizinan.

4. Meningkatkan Capaian Kepatuhan

Layanan OSS diharapkan dapat mengidentifikasi ketidakpatuhan yang mungkin terjadi pada suatu kegiatan usaha tertentu. Adanya kewajiban perizinan ini, pemerintah akan lebih mudah memegang kendali terhadap usaha yang tergolong berisiko tinggi. 

Syarat Mengurus Izin Melalui OSS

Melalui OSS, mendirikan perusahaan menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu memasukkan data yang diperlukan dan izin akan didapatkan dalam beberapa menit saja. Untuk proses OSS login, Anda perlu mempersiapkan beberapa data berikut ini:

  • NIK untuk keperluan membuat user ID.
  • NIK penanggung jawab perusahaan.
  • Dokumen pengesahan badan usaha, bisa berbentuk PT, yayasan, koperasi, CV atau persekutuan perdata yang dapat diurus melalui AHU Online.

Saat menggunakan layanan OSS, semakin kecil risiko usaha, maka dokumen yang dibutuhkan juga lebih sederhana. Semakin besar risiko usaha yang dihasilkan, maka membutuhkan dokumen yang lebih terperinci. Setelah data usaha didaftarkan ke sistem OSS, maka Anda akan mendapatkan NIB.

Nomor Induk Berusaha atau NIB menjadi kartu sakti untuk keperluan mengurus izin dasar, seperti izin usaha, izin operasional atau komersial. Selain itu, NIB juga berfungsi ganda yaitu sebagai TDP, API dan Akses Kepabeanan.

Saat mendaftarkan NIB, pemilik usaha juga akan memperoleh dokumen pendaftaran lainnya, seperti:

  • NPWP badan atau perorangan.
  • RPTKA
  • Notifikasi kelayakan untuk fasilitas bebas fiskal.
  • Izin usaha di sektor perdagangan.

Untuk mendapatkan layanan OSS, Anda perlu memenuhi persyaratan dan membuat akun. Melalui sistem OSS, pemilik usaha dimudahkan mengurus perizinan, sehingga mempercepat pendirian perusahaan. Layanan yang terintegrasi akan memangkas hirarki perizinan tanpa menyalahi aturan. 

Baca Juga: Toko Grosir Kaos Polos Klaten 100% Cotton Combed 30s Siap Kirim ke Seluruh Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *