7 Kuliner Legendaris di Medan yang Harus Anda Coba, Nikmat dan Menggugah Selera!

Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Medan menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Sama seperti kota-kota lainnya, di Medan ada banyak tempat makan legendaris yang bisa menggoyang lidah.

Jika Anda berencana mengunjungi Medan dalam waktu dekat, pemesanan tiket pesawat ke Medan dapat dilakukan melalui Traveloka. Di Traveloka Anda bisa menemukan berbagai promo menarik yang menguntungkan.

Bacaan Lainnya

Untuk Anda yang ingin mencicipi kuliner legendaris Medan, inilah beberapa tempat makan yang wajib Anda kunjungi.

1. Rumah Makan Tabona

Rekomendasi pertama adalah Rumah Makan Tabona yang sudah ada sejak 1982. Sebelum pindah ke Medan, dulunya tempat makan ini berlokasi di Pematangsiantar.

Rumah Makan Tabona sendiri punya dua pilihan menu, yaitu mi pangsit dan kari. Hanya saja menu kari menjadi signature dish di tempat makan ini.

Ada dua jenis kari yang bisa Anda pesan di sini, ada kari ayam dan kari sapi dengan pilihan karbo berupa nasi atau bihun. Untuk kari ayam, pemilik mengatakan bahwa hidangan ini menggunakan ayam kampung dan inilah yang membuat rasa kari di Rumah Makan Tabona lebih spesial.

Sementara untuk seporsi kari sapi berisi potongan daging, kikil, dan babat. Semua kari tersebut akan ditambahkan dengan kuah santan yang kaya rempah.

Soal harga, menu kari di Rumah Makan Tabona dibanderol seharga Rp55 ribu untuk porsi normal dan Rp85 untuk porsi jumbo.

2. Dimsum & Steamboat Babura (Non-halal)

Untuk penikmat kuliner non-halal, Anda bisa singgah di Dimsum & Steamboat Babura yang ada di Medan Baru.

Seperti namanya, tempat ini menghidangkan beraneka dimsum dan steamboat sebagai menu utamanya. Adapun pilihan kuah steamboat yang ada di sini cukup bervariasi seperti sup szechuan mala (level 1-3), sup herbal babura collagen, sup herbal babura jamur, sup original babura, sup tomyam seafood, dan sup talas kepala ikan.

Selain dua menu di atas, di sini juga tersedia chinese food lainnya seperti kwetiau goreng polos, nasi goreng, wokfen seafood, dan ifu mie yang rasanya tidak kalah nikmat.

3. Ucok Durian

Anda penikmat buah durian? Kalau iya, artinya Anda wajib mengunjungi kedai Ucok Durian selama berada di Medan.

Kedai yang buka lebih dari 20 tahun lalu ini menyediakan beberapa varian durian dan olahannya. Dilansir dari website resmi Ucok Durian, tempat ini menawarkan durian berdaging putih, kuning, dan oranye. Selain itu, ada juga durian lokal Medan dan Montong Parigi.

Soal rasa, Anda tak perlu khawatir, sebab Ucok Durian hanya menjual daging durian yang berkualitas. Jika kebetulan Anda mendapatkan daging durian yang rasanya tidak sesuai, di tempat ini pengunjung bisa menukar buah yang telah dibuka tadi dengan buah lainnya tanpa tambahan harga.

Biasanya, buah durian yang sudah terlanjur dibuka tetap bisa dimanfaatkan, karena akan dipasok ke usaha rumahan yang menggunakan durian sebagai bahan dasar olahannya.

Selain buah segar, Ucok Durian juga menyediakan pancake durian, durian beku, dan es durian.

4. Mie Aceh Bobrok

Rekomendasi selanjutnya adalah Mie Aceh Titi Bobrok yang berdiri sejak tahun 1996. Di antara pilihan menu yang ada, mie Aceh kepiting dan mie Aceh sudah menjadi menu yang banyak dipesan.

Selain toppingnya yang bervariasi, model mie Aceh yang ada di sini juga bisa dipilih. Anda bisa memilih mie Aceh goreng dan kering, mie Aceh kuah, dan mie Aceh dengan sedikit kuah atau nyemek.

Bila menginginkan menu lain, Mie Aceh Titi Bobrok menyediakan nasi goreng, kwetiau, bihun, dan berbagai jenis camilan.

5. Sate Memeng

Penikmat sate, ayo, merapat ke kedai Sate Memeng. Kedai yang beroperasi sejak 1950 ini telah dikelola secara turun temurun, namun dengan cita rasa yang tidak pernah berubah.

Sate Memeng menyediakan beberapa varian sate, yaitu sate daging kambing, sate ayam, sate usus, sate hati, dan sate sapi/lembu. Selain itu, terdapat 3 pilihan saus mulai dari saus kacang, bumbu kecap, dan kuah padang. Ada juga menu lainnya seperti mi rebus dan mi sate.

6. Mie Tiong Sim (Non-halal)

Satu lagi kuliner non-halal di Medan yang bisa Anda coba yaitu Mie Tiong Sim. Konon, kedai mi ini sudah ada sejak tahun 1940, namun beberapa menyebut bahwa Mie Tiong Sim baru buka tahun 1993.

Terlepas dari tahun berdirinya yang simpang siur, Mie Tiong Sim menjadi salah satu kuliner mi legendaris di Medan yang memiliki cita rasa lezat.

Seporsi Mie Tiong Sim terdiri dari mi kuning, pokcoy, daging ayam, daging babi chasiu merah, pangsit, dan taburan bawang goreng plus daun bawang. Sebagai pelengkap, penjual juga menyediakan kuah yang dihidangkan secara terpisah.

7. Bihun Bebek Asie Kumango

Rekomendasi kuliner enak di Medan yang terakhir yaitu Bihun Bebek Asie Kumango. Berdiri tahun 1930, kedai ini menyajikan olahan bihun dengan tambahan topping daging bebek, sawi, daun bawang, dan bawang putih goreng. Jika lauk dirasa kurang, Anda bisa memesan tambahan seperti ampela dan hati. Demi menambah cita rasa bihun bebek, pembeli juga akan mendapatkan kuah kaldu bebek yang sedap nan gurih.

Seporsi Bihun Bebek Asie Kumango dibanderol seharga Rp120 ribu. Meskipun terbilang mahal, namun satu porsi bihun di kedai ini bisa disantap untuk dua orang. Sementara untuk porsi jumbonya dibanderol seharga Rp190 ribu dan bisa untuk 3 orang.

Baca Juga: Jasa Pijat Panggilan Medan 24 Jam, Tukang Kusuk Medan

Itulah 7 kuliner di Medan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sana. Selain berwisata kuliner, dari Medan Anda pun bisa mengunjungi objek wisata terkenal di sekitarnya seperti Danau Toba dan Berastagi bila ingin mendapatkan pengalaman liburan yang lebih bervariasi. Selamat bersenang-senang!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *