Kenali Macam-Macam Bunyi Napas Bayi

Bagaimana keadaan si kecil bunda? Bagi bunda dan ayah yang baru saja dikaruniai malaikat kecil tentu masih dalam proses penyesuaian dengannya.

Beberapa hal yang dilakukan dan terjadi pada si kecil tentunya membuat ayah dan bunda terkejut dan terkadang merasa kebingungan.

Begitu banyak informasi yang ayah dan bunda dapatkan untuk mengatasi setiap hal yang terjadi pada si kecil. Salah satunya yaitu kebiasaan dan beberapa perilaku si kecil yang menarik perhatian bunda.

Salah satu hal yang kadang membuat bunda bertanya-tanya dan merasa khawatir yaitu nafas bayi bunyi saat menyusui dan pada saat tidur.

Nafas bayi bunyi biasa dialami oleh beberapa bayi pada awal-awal kelahiran dan pada umumnya bukan hal yang berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan serius pada kesehatan bayi.

Hal tersebut terjadi dikarenakan paru-paru dan saluran pernapasan bayi butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan di luar.

Akan tetapi beberapa kondisi nafas bayi bunyi harus tetap diwaspadai apalagi jika nafas bayi yang bunyi disertai dengan sesak napas, batuk, demam dan bayi tampak lesu.

Karena kondisi tersebut tentunya berbahaya bagi bayi dan membutuhkan penangan khusus.

Kenali Macam-Macam Bunyi Napas Bayi

Beberapa jenis suara nafas yang bisa dikeluarkan oleh bayi:

  1. Suara seperti kumur-kumur yang terjadi dikarenakan adanya air liur yang terkumpul atau bisa dikarenakan si kecil banyak meminum air susu dan masih ada yang tertinggal di bagian mulut.
  2. Suara seperti mengendus, hal tersebut terjadi pada saat bayi tertidur nyenyak.
  3. Suara seperti siulan, terjadi karena saluran hidung bayi masih sempit sehingga mengeluarkan suara siul ketika menarik napas.
  4. Suara seperti dengkuran yang akan terjadi ketika ada penyumbatan dan penyempitan pada saluran napas bayi.

    Biasanya hal ini disebabkan karena bayi menderita epiglotitis, croup, atau karena kelainan bawaan lahir pada pita suara dan tenggorokan.
  5. Bunyi nafas mengi atau terdengar seperti melengking dengan nada tinggi.

    Pada saat nafas bayi seperti itu biasanya akan disertai dengan hidung bayi mampet, lemas, batuk-batuk.

    Bunyi napas mengi ini biasanya disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada saluran napas, misalnya karena pneumonia dan bronkiolitis.

Itulah beberapa jenis bunyi napas bayi yang perlu diketahui oleh bunda dan ayah agar dapat lebih waspada saat si kecil sakit.

Selain itu untuk menjaga kesehatan si kecil bunda wajib menjaga kebersihan peralatan-peralatannya dengan selalu mencucinya menggunakan sabun pencuci botol bayi yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak berbahaya bagi si kecil ya bunda.

Semoga dengan ini informasi yang diperoleh semakin banyak sebagai bekal ayah dan bunda merawat si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.