Hobi Koleksi Mobil Tua? Ikuti Tips Perawatannya yang Benar

Menjadi kolektor mobil tua mengharuskan Anda melakukan perawatan ekstra. Anda sudah rutin mengganti oli di bengkel resmi Suzuki Rodamas Makmur Motor. Namun mengganti oli saja tidak cukup untuk menjaga kondisinya.

Bagi para kolektor mobil tua, kendaraan kesayangan tak hanya dipajang di garasi saja. Terkadang Anda pasti ingin mengendarai mobil untuk sekedar berkeliling kota. Tanpa perawatan yang benar kondisi mobil akan terus menerus turun. Bagaimana cara merawat mobil tua di rumah dengan benar, Anda bisa menyimak tipsnya.

Bacaan Lainnya

Tips Merawat Mobil Tua agar Tetap Prima

Mobil Suzuki XL 7

Secara umum perawatan mobil tua tidak jauh berbeda dengan mobil baru. Anda harus rutin memanaskan mobil dan servis untuk mengganti olinya. Hanya saja yang berbeda adalah sistem mesin sehingga Anda tidak bisa servis dan ganti oli di bengkel sembarangan.

Mesin mobil tua yang masih menggunakan sistem karburator membutuhkan cara servis yang berbeda. Jika tidak ditangani oleh yang berpengalaman, bisa-bisa muncul kerusakan. Sebagai pemilik kendaraan sekaligus kolektor Anda tentu ingin menghindari hal tersebut.

Supaya mobil tua bisa tetap beroperasi dengan baik, ada beberapa tips perawatan yang bisa diikuti sebagai berikut:

1. Parkir Kendaraan di Tempat yang Teduh

Dibandingkan mobil baru, mobil tua memiliki body yang lebih sensitif. Cat mobil akan cepat rusak jika Anda memarkir dalam waktu lama di area yang tidak memiliki atap. Panas matahari langsung akan membuat cat mudah mengelupas.

Belum lagi jika mobil terkena air hujan, maka karat akan cepat muncul. Garasi dengan sirkulasi udara yang baik menjadi lokasi parkir yang sangat tepat. Jangan lupa Anda bisa sesekali membuka jendela mobil dalam beberapa jam supaya kabin tidak pengap dan lembab.

2. Rutin Membersihkan Mobil

Diparkir di garasi bukan berarti mobil akan terbebas dari kotoran. Debu adalah kotoran yang paling sering menempel dan bisa menjadi sumber jamur. Debu yang terkenal kelembaban udara akan berubah menjadi kotoran keras yang sulit dibersihkan.

Oleh karena itulah Anda harus rutin membersihkan mobil dengan mencuci dan mengecek bagian interiornya. Rutin membersihkan mobil akan membuat Anda langsung tahu ketika terjadi kerusakan pada bagian mobil. Sebagai kolektor tentu saja membersihkan mobil jadi kegiatan yang menyenangkan.

3. Mengecek Kinerja AC

Pada mobil-mobil tua, komponen ac biasanya yang paling cepat rusak. Bahkan komponen ini yang bisa rusak pertama kali. Pada saat Anda memanaskan mobil atau menggunakanya berkeliling selalu menyalakan ac.

Ac yang lama tidak digunakan justru akan cepat rusak. Beberapa komponen yang mudah rusak seperti kompresor bahkan mungkin saja terjadi kebocoran freon. Ketika Anda menyalakan ac, maka akan segera tahu apakah terjadi kerusakan atau tidak.

4. Perawatan Khusus Bagian Dashboard

Kerusakan lain yang biasanya sangat terlihat ada bagian dashboard. Dibandingkan body mobil, dashboard lebih mudah rusak seperti cat mengelupas akibat penggunaan. Beberapa baret juga akan mudah terlihat.

Anda yang ingin membuat tampilan mobil tua tetap prima harus rajin mengecek bagian ini. Percantik dashboard dengan lapisan cat baru, jika tidak Anda bisa juga memoles agar baret pada dashboard tidak lagi terlihat.

5. Menggunakan Cover pada Jok

Selain dashboard perhatikan juga bagian jok. Lapisan jok mobil yang asli pasti sudah mulai rusak. Baik itu sedikit sobek atau muncul noda. Apabila Anda ingin mempertahankan lapisan jok mobil yang lama maka berikan tambahan cover saja.

Cara ini akan membuat lapisan kulit jok masih bisa bertahan. Namun jika ternyata lapisan jok sudah rusak parah sebaiknya Anda mengganti dengan lapisan yang baru.

Terakhir tentu saja adalah perawatan soal mesin. Jika Anda kurang paham akan lebih baik mobil dibawa ke bengkel resmi Suzuki. Perawatan mesin hanya bisa dikerjakan oleh teknisi dan alat khusus. Pilih bengkel Suzuki terdekat berikut:

  1. Sun Motor Jakarta area Jakarta akses web https://suzukisunmotor.com/
  2. Citra Asri Buana area Jakarta akses web https://suzukidealercab.co.id/
  3. Trimitra Sejahtera Mobilindo area Jakarta akses web https://suzukitrimitra.co.id/
  4. Pusaka Motor Utama area Sukabumi akses web https://suzukipusaka.co.id/
  5. Restu Mahkota Karya akses web https://suzukimahkota.co.id/
  6. Armada Banda Jaya area Aceh akses web https://suzukiaceh.co.id/
  7. Arista Sukses Abadi area Medan akses web https://suzukiarista.com/
  8. Trans Sumatra Andalan area Sumatera Utara akses web https://tsasuzuki.com/
  9. Rodamas Makmur Motor area Batam akses web https://suzukimobilbatam.co.id/

Pastikan koleksi mobil tua Anda terawat dengan baik. Dengan bantuan teknisi di bengkel resmi Suzuki perawatan mobil tua akan jauh lebih mudah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.