Cara Daftar Online eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan Karir

Cara Daftar Online eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan Karir

Pada kesempatan kali ini kami Pencarinafkah.com akan memberikan panduan bagi Anda yang tertarik untuk melamar atau melakukan daftar online di situs rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan melalui halaman karir resmi.

Proses rekrutmen karyawan dari BPJS Ketenagakerjaan ini tidak dipungut biaya. Jadi hati-hati jika ada yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan namun meminta biaya rekrutmen termasuk untuk akomodasi.

Bacaan Lainnya

Anda bisa melamar kerja ke BPJS Ketenagakerjaan ini secara gratis dengan cara online melalui halaman website resmi perusahaan.

Daftar Online eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan

Buat Anda yang sebelumnya sudah pernah bekerja di perusahaan mungkin tidak akan asing lagi dengan nama BPJS Ketenagakerjaan. Sebab biasanya saat kita bekerja maka sebagian kecil dari gaji tersebut ada potongan untuk BPJS Ketenagakerjaan.

Namun dibalik itu kita jadi bisa mendapatkan uang setelah berhenti bekerja di perusahaan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Nah setelah sering mendengar namanya, apakah Anda pernah mempunyai keinginan untuk melamar ke BPJS Ketenagakerjaan? Jika iya. Silahkan simak panduan kami berikut ini dengan seksama.

eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa membuka situs yang resmi melalui link berikut ini https://rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id/#/

Daftar

Setelah masuk ke situs rekrutmen online maka Anda bisa langsung ke menu “Daftar” untuk membuat akun di website tersebut. 

Pada tahap pendaftaran ini hal yang perlu Anda lakukan adalah mengisi email, nama, dan verifikasi email dengan kode OTP yang akan dikirimkan ke email. Jika sudah silahkan lanjut pada tahap ke 2.

Kemudian pada tahap ke 2 Anda perlu membuat password untuk nantinya login ke akun Anda yang digunakan untuk melamar pekerjaan di BPJS Ketenagakerjaan dengan cara online.

Selain password Anda juga perlu mengisi Nomor Handphone, Nomor KTP, dan Verifikasi Nomor Handphone menggunakan kode OTP yang dikirim melalui SMS atau Telepon.

Login

Setelah selesai melakukan pendaftaran maka hal yang perlu Anda lakukan setelah itu adalah Login menggunakan alamat email yang sudah Anda daftarkan dan juga password yang sudah Anda buat sebelumnya.

Curriculum Vitae (CV)

Formulir Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan

Jika sudah berhasil login, Anda perlu mengisi serta melengkapi bagian Curriculum Vitae (CV) dengan mengisi informasi pribadi seperti Nama Lengkap, Nomor KTP, Tempat, Tanggal Lahir, Agama, Status Perkawinan, Jenis Kelamin, Berat Badan, Tinggi Badan.

Anda juga perlu mengisi foto profil setengah badan dan seluruh badan. Jadi silahkan siapkan foto untuk diupload pada bagian ini dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Format file foto menggunakan .jpg atau .png
  • Untuk foto setengah badan. Wajah menghadap ke depan dan terlihat dengan jelas.
  • Untuk foto seluruh badan. Wajah menghadap ke depan dengan posisi berdiri tegap. Dan dari atas kepala sampai dengan kaki, harus terisi 80% dari batas frame foto.

Jika Anda mengalami gagal upload foto maka silahkan diulangi sampai berhasil karena bagian foto ini sangat penting untuk proses rekrutmen.

Setelah menyelesaikan bagian foto, maka Anda bisa mengisi formulir setelahnya yaitu bagian kontak. Pada bagian kontak ini Anda hanya perlu mengisi Nomor Handphone, Nomor Handphone Lain, Email, dan juga Telepon.

Kemudian lanjut ke isi Alamat KTP. Silahkan isi alamat sesuai KTP dan Kode Pos, Provinsi serta Kabupaten / Kotamadya. Lalu Anda juga bisa mengisi AlamaT Domisili jika berbeda dengan alamat KTP tapi untuk yang mempunyai alamat domisili sama dengan alamat KTP maka tinggal ceklis saja.

Kemudian Anda perlu mengupload Curriculum Vitae (CV) dengan format .pdf dan maksimal ukuran adalah 2 MB. Lalu silahkan simpan data dan lanjut mengisi bagian pendidikan.

Pendidikan Formal

Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan

Pada formulir pendidikan formal ini Anda hanya perlu mengisi informasi pendidikan terakhir saja. Jelaskan apakah Anda adalah lulusan dalam negeri atau luar negeri pada pendidikan terakhir Anda.

Kemudian jelaskan mengenai Jenjang, Jurusan/Program Studi, Fakultas, IPK, Nomor Ijazah, Tahun Masuk, Tahun Lulus, Status Lulus, dan Alamat Institusi Pendidikan.

Baca Juga: Dimana Letak Nomor Ijazah SD, SMP, SMA, SMK, D3, S1, S2 Yang Benar

Upload ijazah pendidikan. Nah data pendidikan yang Anda sebutkan harus dibuktikan dengan berkas ijazah, untuk itu Anda perlu mengupload ijazah pendidikan dengan format file .pdf dan ukuran maksimal adalah 2 MB. Jika mempunyai lebih dari satu ijazah silahkan gabungkan dalam satu file .pdf tersebut.

Lalu silahkan simpan data pendidikan formal dan lanjut mengisi bagian lain.

Pendidikan Non Formal

BPJS Ketenagakerjaan Karir

Kemudian jika Anda mempunyai pendidikan non formal  maka bisa mengisi bagian ini. Silahkan isi Nama Pelatihan / Sertifikasi, Lembaga penyelenggara Pelatihan / Sertifikasi, Bidang Pelatihan / Sertifikasi, Alamat Lembaga, Kode Pos, Provinsi Lembaga, Kabupaten / Kotamadya Lembaga.

Anda juga akan diminta untuk mengupload Sertifikasi dengan format .pdf dan ukuran maksimal 2 MB lalu jika mempunyai sertifikasi lebih dari 1 maka silahkan gabungkan ke dalam file .pdf tersebut.

Jika Anda mempunyai bahasa asing yang dikuasai maka bisa Anda tambahkan pada bagian ini karena bisa jadi ini akan membuat Anda mendapatkan nilai tambah. 

Dan jika Anda pernah mengikuti TOEFL/IELTS dalam 1 tahun terakhir maka bisa lengkapi juga di menu pendidikan non formal.

Anda juga bisa menjelaskan pengalaman organisasi. Seperti Nama Organisasi, Bidang Organisasi, Jabatan, dan Waktu. Kemudian simpan data pendidikan non formal ini.

Kerabat

Karir

Anda juga perlu mengisi bagian kerabat seperti Data Keluarga yang meliputi; Nomor Kartu Keluarga, Nama Ayah & Ibu, Pekerjaan Ayah & Ibu, Tanggal Lahir Ayah & Ibu, Instansi Pekerjaan Ayah & Ibu.

Dan jika mempunyai Saudara Kandung maka Anda juga perlu mengisi informasi mengenai Saudara Kandung Anda. 

Kemudian jawab pertanyaan apakah Anda mempunyai kerabat baik itu orang tua, saudara kandung, kerabat yang bekerja di BPJS Ketenagakerjaan?

Pengalaman Kerja

Formulir Pengalaman Kerja

Jangan lupa juga untuk mengisi bagian pengalaman kerja karena ini bisa menjadi nilai tambah untuk Anda yang mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Apalagi kalau pengalaman kerja Anda sesuai dengan lowongan kerja yang Anda lamar di eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan.

Jika Anda mempunyai beberapa pengalaman kerja maka cukup sebutkan pengalaman kerja yang terakhir saja. Sedangkan poin-poin yang perlu Anda sebutkan adalah; Nama Perusahaan, Jenis Perusahaan, Bidang Perusahaan, Jumlah Kantor Cabang, Jumlah Karyawan, Waktu Bekerja, Jabatan, Gaji, lalu Uraikan juga Jabatan Anda pada pekerjaan sebelumnya.

Setelah itu cek kembali semua yang Anda isi sebelum melakukan submit data CV karena begitu Anda melakukan submit data maka CV Anda tidak akan bisa dirubah lagi. Jadi pastikan apa yang sudah Anda tulis adalah benar.

Melamar Online Lowongan Kerja di BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda sudah melakukan submit CV maka Anda sudah bisa melamar lowongan kerja yang ada di BPJS Ketenagakerjaan karir. Cara untuk melamar lowongan kerja bisa langsung Anda buka pada menu beranda website eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan kemudian scroll ke bawah sampai pada keterangan Lowongan.

Setelah itu silahkan klik DETAIL pada posisi lowongan yang Anda minati untuk melihat persyaratan lowongan kerja tersebut termasuk juga informasi mengenai tugas dan tanggung jawab dari posisi yang Anda minati dan benefit hingga informasi lainnya.

Jika Anda setuju dengan segala persyaratan serta ketentuan yang sudah tertulis tersebut silahkan klik tombol Apply untuk melamar posisi atau lowongan kerja tersebut. Tapi sebelum itu pastikan dulu tanggal pembukaan dan penutupan serta unit kerja dari lowongan yang Anda lamar.

Nah jika sudah sampai sini maka Anda sudah selesai melamar kerja melalui eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan di halaman karir perusahaan dengan cara online dan sangat mudah dilakukan.

Semoga informasi mengenai cara daftar online di BPJS Ketenagakerjaan ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share artikel ini kepada rekan-rekan lain yang membutuhkan informasi ini. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *