Cara Daftar Kartu Kuning Online Surabaya

Kartu Kuning

Buat Anda yang belum tahu cara daftar kartu kuning online di Surabaya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan menjelaskan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti agar mempunyai kartu kuning untuk melamar pekerjaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu berkas persyaratan untuk melamar pekerjaan adalah kartu kuning. Meski tidak semua lowongan mengharuskan Anda untuk menunjukan kartu kuning akan tetapi bila Anda sedang dalam fase mencari pekerjaan maka sebaiknya Anda mempunyainya supaya berkas Anda lebih lengkap dan siap untuk melamar ke banyak perusahaan sekaligus.

Bacaan Lainnya

Daftar Kartu Kuning Online Surabaya

Meski disebut dengan kartu kuning atau AK 1 ternyata bentuk fisiknya tidak selalu berwarna kuning, tapi bisa juga warnanya putih. Namun fungsinya akan tetap sama yaitu sebagai Kartu Tanpa Pencari Kerja.

Untuk membuat kartu kuning online di Surabaya maka Anda harus membuat akun di situs Surabaya Single Window terlebih dahulu. Jika sudah membuat akun di Surabaya Single Window silahkan login dan kunjungi link Permohonan Baru Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu AK-1) atau klik link berikut;

https://sswalfa.surabaya.go.id/info/detail/kartu-tanda-pencari-kerja-kartu-ak-1

Di link berikut Anda juga bisa melakukan Permohonan Perpanjangan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu AK-1) dan Pemutakhiran Data Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu AK-1).

Syarat Membuat Kartu Kuning Online

Persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kartu kuning online di Surabaya adalah:

  • Pas Photo digital terbaru berwarna 3 x 4 cm
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Copyfile Ijazah Pendidikan Formal terakhir
  • Transkrip nilai
  • Copy Sertifikat Pelatihan terakhir yang telah dilegalisir
  • Copy Surat Pengalaman Kerja, bagi yang punya

Nah untuk Anda yang mungkin KTPnya ada yang belum jadi maka bisa menggunakan Tanda Bukti Pendaftaran EKTP dari Dispendukcapil.

Jangan lupa, semua syarat tersebut harus Anda siapkan dalam bentuk softcopy ya.

Setelah mempersiapkan semua persyaratan tersebut maka silahkan langsung saja untuk membuat kartu kuning online Surabaya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Membuat Kartu Kuning Online Surabaya

Cara Daftar Kartu Kuning Online Surabaya

Berikut ini kami akan memberikan langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk daftar kartu kuning online Surabaya. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mempunyai akun di Surabaya Single Window terlebih dahulu.

  • Silahkan kunjungi url berikut https://sswalfa.surabaya.go.id/info/detail/kartu-tanda-pencari-kerja-kartu-ak-1
  • Baca dan cek kembali semua persyaratan yang diperlukan
  • Kemudian Anda juga perlu menyimak Alur Perizinan, Dasar Hukum, dan Durasi Pemrosesan
  • Jika sudah, silahkan klik pada tombol berwarna hijau dengan tulisan “SYARAT SAYA LENGKAP, SIAP MENGAJUKAN PERMOHONAN”
  • Setelah itu Anda harus mengisi formulir pendaftaran tanda pencari kerja dan mengupload syarat-syarat yang sebelumnya sudah disebutkan
  • Silahkan cetak bukti pendaftaran atau catat nomor bukti pendaftaran

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencetak kartu kuning tersebut di loket UPTSA dengan membawa dan menunjukkan bukti pendaftaran serta dokumen atau berkas asli dari persyaratan untuk membuat kartu kuning online.

Untuk mencetak kartu kuning Anda bisa melakukannya langsung setelah menyelesaikan pendaftaran online. Dengan begitu Anda akan lebih cepat untuk mempunyai kartu kuning sebagai bekal mencari pekerjaan.

Baca Juga : Cara Melamar Online PT Bumi Teknik Utama

Nah itulah cara daftar kartu kuning online Surabaya yang bisa kami sampaikan. Jika ada pertanyaan atau informasi yang ingin Anda sampaikan maka silahkan tuliskan saja pada kolom komentar di bawah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.