Cara Mengambil Uang di Bank BRI Pakai Buku Tabungan

Pinjam Uang

Cara mengambil uang di Bank BRI pakai buku tabungan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menarik uang dengan jumlah banyak sekaligus. Atau mungkin Anda belum mempunyai kartu ATM sehingga harus melakukan pengambilan uang menggunakan buku tabungan.

Sebenarnya jika nilai uang yang ingin Anda ambil itu tergolong sedikit dan kemungkinan Anda masih perlu melakukan pengambilan lagi pada bulan-bulan berikutnya maka kami sarankan Anda untuk menggunakan kartu ATM saja, bila belum punya Anda bisa membuatnya di kantor cabang terdekat.

Bacaan Lainnya

Sebab akan ada biaya administrasi sebesar Rp 10.000 pada saat pengambilan uang di kantor cabang atau Bank apabila menggunakan buku tabungan dan Anda perlu mengantri juga untuk mendapatkan pelayanan. Tapi jika Anda menggunakan kartu ATM maka Anda hanya perlu ke ATM lalu melakukan penarikan uang.

Jika melakukan penarikan di ATM yang sama dengan nama Bank maka Anda tidak akan terkena biaya administrasi. Dan apabila Anda melakukan penarikan di ATM Bersama atau berbeda Bank maka Anda terkena biaya administrasi sekitar Rp 6.500.

Jadi kesimpulannya adalah biaya penarikan uang di ATM lebih murah daripada penarikan menggunakan buku tabungan. Tapi apabila kasus Anda memang harus melakukan pengambilan uang menggunakan buku tabungan, berikut ini adalah langkah-langkah yang mungkin perlu Anda lakukan.

Cara Mengambil Uang di Bank Pakai Buku Tabungan, Bisa di Kantor Cabang Terdekat

Perlu Anda ingat bahwa langkah-langkah yang akan kami sebutkan ini mungkin tidak akan sama persis dengan apa yang akan Anda alami. Namun setidaknya beginilah prosedur yang akan Anda lewati. Tapi sebelumnya ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu.

Cara Mengambil Uang di Bank Pakai Buku Tabungan, Bisa di Kantor Cabang Terdekat

Syarat Mengambil Uang di Bank dengan Buku Tabungan

Sebelum pergi ke kantor cabang atau Bank untuk mengambil uang maka sebaiknya persiapkan beberapa persyaratan berikut ini.

  • Buku Tabungan
  • KTP
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Buku Tabungan

Jika semua syarat sudah lengkap maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengambil uang dengan buku tabungan.

Cara Mengambil Uang di Bank BRI Menggunakan Buku Tabungan

  1. Silahkan datang ke kantor cabang atau Bank yang terdekat dengan lokasi Anda.
  2. Masuk ke kantor cabang atau Bank BRI. Apabila ada satpam maka Anda bisa bertanya kepada satpam mengenai tujuan Anda.
  3. Mengambil nomor antrian. Jangan sampai salah mengambil nomor antrian atau lebih baik bertanya kepada satpam. (pada kasus kami kemarin untuk melakukan penarikan uang kami memencet tombol berwarna merah saat mengambil nomor antrian).
  4. Mengambil formulir berwarna merah. Jadi setelah mendapatkan nomor antrian kita langsung mengambil formulir yang berwarna merah yang bertuliskan SLIP PENARIKAN pada pojok kanan atas.
  5. Isi SLIP PENARIKAN tersebut sesuai dengan data Anda. Bagian yang perlu diisi adalah :
    • Ceklis sesuai jenis buku Tabungan Anda.
    • Tuliskan nomor rekening.
    • Tuliskan kantor cabang / BRI Unit sesuai dengan buku tabungan.
    • Nama lengkap Anda atau sesuai yang tertulis pada buku tabungan.
    • Alamat lengkap.
    • Kemudian ceklis pada kotak Rupiah.
    • Pada bagian Jumlah, isikan nominal uang yang ingin Anda ambil.
    • Anda juga bisa menuliskan ulang pada bagian Terbilang.
    • Lakukan tanda tangan pada kolom T.T Penarik.
  6. Atau Anda bisa melihat contoh pengisian formulir supaya tidak keliru.
  7. Jika sudah mengisi sementara nomor antrian Anda belum dipanggil maka silahkan duduk terlebih dahulu sambil menunggu nomor antrian Anda dipanggil untuk mendapatkan pelayanan.
  8. Jika sudah dipanggil serahkan semua persyaratan tadi kepada teller penarikan uang.
  9. Persyaratan akan diperiksa terlebih dahulu dan kemungkinan Anda akan melakukan tanda tangan lagi.
  10. Apabila Ada persyaratan yang kurang maka Anda perlu melengkapinya. Dan jika semua persyaratan sudah lengkap Anda akan menerima uang yang ingin Anda ambil.

Uang yang Anda terima sudah dipotong dengan biaya administrasi. Jadi apabila Anda mengambil uang Rp 1.150.000 maka Anda akan menerima uangnya sebesar Rp 1.140.000 dan untuk mengakalinya Anda bisa melebihkan Rp 10.000 pada nominal yang ingin Anda ambil dan usahakan saldo tabungan Anda mencukupinya.

Jadi jika Anda ingin mengambil uang Rp 1.000.000 pas maka Anda bisa menuliskan Rp 1.010.000 pada SLIP PENARIKAN. Atau Anda bisa menyiapkan uang cash Rp 10.000. Dan sebaiknya hitung uang Anda sebelum meninggalkan tempat untuk memastikan jumlah yang Anda terima tidak kurang.

Baca Juga : MUDAH!!! Cara Setor Tunai di ATM Mandiri, Dijamin Langsung Bisa

Penutup

Demi keamanan sebaiknya Anda membawa tas atau mengajak teman apabila ingin mengambil uang dalam jumlah yang sangat banyak. Nah itulah cara mengambil uang di Bank BRI pakai buku tabungan dengan datang langsung ke kantor terdekat. Apabila Anda ingin mengambilkan uang milik orang lain mungkin Anda membutuhkan persyaratan tambahan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.