Cek IMEI legal Ilegal

Cara Cek IMEI Ponsel Legal atau Ilegal

Untuk mengurangi penggunaan ponsel ilegal yang beredar di Indonesia, pemerintah telah meresmikan aturan blokir ponsel ilegal lewat pengecekan IMEI (International Mobile Equipment Identity). Aturan ini sudah berlaku sejak 18 April 2020 lalu.

Apa itu IMEI?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang dimiliki oleh setiap ponsel. Artinya tidak ada ponsel dengan nomor IMEI yang sama. IMEI mengikat ke jumlah slot SIM Card di ponsel Anda. Jadi jika smartphone Anda memiliki dua slot SIM Card, berarti smartphone Anda memiliki dua nomor IMEI.

Untuk cara cek IMEI ponsel Anda sudah terdaftar di database Kementerian Perindustrian (kemenperin) biasanya akan mendapatkan SMS dari KOMINFO seperti gambar dibawah.

Cara Cek IMEI Ponsel Legal atau Ilegal
SMS pemberitahuan dari KOMINFO

Jika Anda tidak mendapatkan SMS seperti diatas, tenang Anda masih bisa mengeceknya secara manual.

Cara Cek IMEI Ponsel Legal atau Ilegal

Ada tiga cara untuk menemukan nomor IMEI ponsel Android Anda. Pertama, melalui menu setting ponsel, masuk ke Settings -> About Phone -> Status -> IMEI Information.

Kedua, Anda bisa mengakses dengan mengetikkan *#06# di dialer ponsel. Selanjutnya, akan muncul rincian mengenai nomor IMEI dan serial ponsel yang bersangkutan.

Dan ketiga, Anda bisa menemukannya di punggung ponsel atau biasanya dekat baterai.

Setelah Anda menemukan nomor IMEI ponsel, langkah selanjutnya buka situs https://imei.kemenperin.go.id/. Kemudian masukkan nomor IMEI ke kolom yang disediakan. Nanti akan muncul informasi, apakah IMEI ponsel Anda terdaftar atau tidak.

Bagaimana jika hasilnya, ponsel tidak terdaftar? Apakah ponsel saya termasuk ponsel black market (BM)? kemungkinan iya.

Namun, perlu Anda ketahui mungkin saja database yang berada di Kemenperin belum ter-update. Sehingga data di Kemenperin belum mencakup semua smartphone yang ada.

Baca juga: Cara Jualan Pulsa dan Token Listrik? Dengan Aplikasi Mitra Tokopedia

Apa Risiko & kerugian jika IMEI ponsel Anda di blokir?

Jika didapati IMEI ponsel Anda ilegal dan kemudian diblokir, maka ponsel tersebut tidak akan bisa tersambung ke jaringan operator seluler. Anda hanya bisa menyambung ke jaringan WIFI saja.

Akhir Kata

Itulah cara cek IMEI ponsel legal atau ilegal yang bisa Anda coba. Bagaimana hasilnya? Tulis dikolom komentar dibawah ya!

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.