Sukses mendapatkan pekerjaan sesuai passion

5 Cara Berbisnis Yang Sukses Ala Utsman Bin Affan

Sebelumnya mungkin anda perlu mengenal sedikit mengenaiUtsman Bin Affan.

Saat Perang Tabuk, Utsman Bin Affan mendermakan 950 ekor unta dan 70 ekor kuda, ditambah 1000 dirham sumbangan pribadi untuk perang Tabuk.

Nilainya sama dengan sepertiga biaya perang tersebut. Utsman bin Affan juga menunjukkan kedermawanannya tatkala membeli mata air yang bernama Rumah dari seorang lelaki suku Ghifar seharga 35.000 dirham.

Mata air itu ia wakafkan untuk kepentingan rakyat umum.

Lalu pada masa pemerintahan Abu Bakar, Utsman Bin Affan juga pernah memberikan gandum yang diangkut dengan 1000 unta untuk membantu kaum miskin yang menderita di musim kering. Sumber : http://www.pesantrenbisnis.com/2013/01/cara-kaya-seperti-utsman-bin-affan-ra.html

Yang mungkin menjadi pertanyaanya adalah bagaimana cara berbisnis yang sukses seperti yang telah dilakukan Utsman Bin Affan?

Baca Juga :

Bisnis Mudah Sambil Dakwah Tanpa Modal, Kenapa Tidak?

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Tanpa Modal?

Cara Berbisnis Yang Sukses Ala Utsman Bin Affan :

1. Mengelola Bisnisnya Secara Langsung

Utsman Bin Affan mengelola bisnisnya sendiri. Dengan terjun langsung untuk mengelola bisnis maka anda akan medapatkan pengalaman-pengalaman yang tidak akan anda dapatkan kalau anda langsung membayar orang dari awal membangun bisnis.

Dengan mempunyai pengalaman dalam mengelola bisnis saat nanti anda mempunyai karyawan anda bisa membaca gerak-gerik karyawan anda.

Selain itu anda juga bisa lebih bisa mendapatkan pelanggan tetap jika anda bisa bersikap ramah secara langsung terhadap pelanggan anda.

2. Mengembangkan Bisnisnya

Agar bisnis tetap bisa bertahan lama maka sebagian keuntungan yang sudah diperoleh juga digunakan untuk menambah modal.

Dan alangkah lebih baiknya jika anda bisa menyedekahkan sepertiga dari keuntungan bisnis anda.

Jadi rumus pembagian keuntungannya adalah sepertiga untuk dinikmati, sepertiga untuk penambah modal (jadi modal akan semakin besar), dan sepertiga untuk di sedekahkan.

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut[1]. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.”[2]

Hadits ini dibawakan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi dalam Riyadhus Shalihin pada Bab “Kemuliaan, berderma dan berinfaq”, hadits no. 559 (60/16).

3. Tidak Meremehkan Setiap Keuntungan

Penghasilan Perbulan Google AdSense

Artinya adalah tidak meunggu keuntungan yang lebih besar serta tidak meremehkan keuntungan sekecil apapun itu.

Meski tidak ada larangan jika anda mengambil keuntungan yang berkali-kali lipat namun ada juga kalanya anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat kecil.

Nah ketika anda mendapatkan keuntungan yang sangat kecil tersebut seharusnya anda tetap bersyukur karena anda masih mendapatkan untung bukan rugi.

4. Tidak Membeli Stok Lama

Sebaiknya anda tidak berbelanja barang-barang stok lama karena kebanyakan konsumen akan mencari barang yang masih baru terlebih lagi kalau itu barang yang bisa basi.

5. Menjadikan Satu Modal Yang Dimiliki Menjadi Dua Modal Untuk Dijual

Kalimat berikut bisa digambarkan seperti ini ; Jika anda mempunyai modal 1 liter bensin yang biasanya anda jual Rp. 10.000,- maka 1 liter bensin tersebut bisa anda jadikan mendaji dua modal yaitu setengah liter-setengah liter.

Da setiap setengah liter bensin tersebut bisa anda jual dengan harga Rp. 6.000,- maka jika laku 1 liter anda akan mendapatkan uang Rp. 12.000,- dimana angka tersebut lebih besar dari harga 1 liter bensin yang biasanya anda jual.

Materi 5 Cara Berbisnis Yang Sukses Ala Utsman Bin Affan ini kami peroleh dari https://www.youtube.com/watch?v=-m4jg_UcMhQ

Namun kami menjelaskannya dengan gaya bahasa kami sendiri.

Kalaupun ada kekurangan serta kritikan anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...