Analisa dan Perhitungan Usaha Cilok Kuah

Usaha Cilok Kuah
Sumber: https://unsplash.com/photos/r95dd_jrlGo

Cilok menjadi jajanan sederhana dari daerah Sunda yang sangat laris di pasaran, sehingga banyak yang menjajal usaha cilok kuah. Rasa cilok ini cukup nikmat dan harganya yang sangat terjangkau.

Inilah yang menjadi alasan mengapa jajanan yang satu ini sangat mempunayi banyak peminat. Cilok merupakan jajanan yang terbuat dari bahan utama tepung kanji dengan paduan bumbu tertentu. Jajanan ini memiliki bentuk bulat dan hampir menyerupai bola pingpong.

Bacaan Lainnya

Tekstur cilok sendiri cukup kenyal. Selain itu, dalam mengolahnya juga bisa dipadukan dengan isian daging. Untuk penyajiannya, jajanan cilok ini ditusuk menggunakan tusukan sate dan diberi bumbu saus sambal kacang atau cocolan saus.

Jajanan cilok ini menyasar ke hampir semua kalangan masyarakat, baik dari anak-anak hingga para orang tua.

Bahan Baku untuk Memulai Usaha Cilok Kuah

Dalam memulai usaha cilok, maka sangat penting untuk memperhatikan bahan baku yang akan digunakan. Bahan baku cilok mudah Anda jumpai di pasaran, serra bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Supaya menghasilkan rasa cilok kuah yang nikmat dan gurih, maka pastikan Anda memilih bahan baku yang berkualitas. Selain itu, pembuatan cilok kuah juga harus sesuai dengan takaran resep Anda.

Adapun untuk bahan cilok kuah ini, diantaranya seperti cabe, tepung terigu, tepung kanji, bawang putih, bawang merah, merica, garam, daging ayam, gula, penyedap rasa (optional) dan lain sebagainya.

Peralatan Yang Diperlukan

Dalam proses pembuatan cilok kuah memerlukan beberapa peralatan untuk memasak. Supaya proses membuatnya dapat berjalan mudah dan cepat, maka sediakanlah peralatan usaha yang diperlukan.

Contohnya saja seperti baskom sebagai wadah membuat adonan cilok, kompor dan gas sebagai alat untuk memasak, panci memasak, panci pengukus, penggiling daging, serta peralatan masak lain yang sekiranya akan Anda butuhkan.

Adapun untuk peralatan pendukung lainnya, yaitu alat-alat makan, tempat duduk dan meja, serta hingga alat untuk promosi seperti spanduk hingga kuota untuk promosi online.

Peralatan ini diperlukan hanya 1 kali penyediaan atau beberapa kali pemakaian selama Anda menjalankan usaha cilok. Namun khusus untuk bahan baku diperlukan modal setiap hari.

Untuk memudahkan hitungan, semua alat-alat ini akan dihitung berdasarkan penggunaannya setiap hari. Maka dari itu, perkiraan total biaya yang Anda butuhkan per harinya adalah sebesar Rp175.500,-.

Baca Juga: 13 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Yang Bisa Anda Coba

Omset Jualan Cilok Kuah dengan Berkeliling

Usaha Cilok Kuah
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kayu-pasangan-orang-orang-wanita-6963017/

Perkiraan total di atas adalah jumlah modal usaha cilok kuah yang harus Anda keluarkan untuk 1 hari.

Apabila pengeluaran selama 1 bulan, maka estimasinya akan menjadi Rp175.500,- x 30 = Rp5.265.000,-.

Berdasarkan modal di atas, maka Anda bisa menghasilkan 100 porsi cilok kuah yang harganya adalah Rp3.000,- per porsi.

Dalam 1 hari, usaha cilok kuah Anda bisa menghasilkan sebesar Rp300.000,-.

Dalam 1 bulan Anda bisa menghasilkan sebesar Rp300.000,- x 30 = Rp9.000.000,-.

Jika membutuhkan bensin, dalam 1 hari kurang lebih 1 liter dengan modal Rp10.0000,- x 30 = Rp300.000,-.

Perhitungan keuntungan bersih selama 1 bulan yaitu Rp9.000.000,- – Rp5.265.000,- – Rp300.000,- = Rp3.435.000,-.

Berdasarkan contoh perkiraan analisa di atas, maka Anda bisa tahu jumlah pengeluaran dan keuntungan dari usaha cilok. Namun bila sudah memiliki peralatan masak seperti kompor, panci, wadah, dan lain-lain, maka Anda bisa menggunakannya.

Baca Juga: Tips Usaha Cilok dan Cara Membuat Cilok Dirumah Anti Gagal

Tentu saja hal ini akan bisa memangkas biaya pengeluaran sebagai modal untuk usaha cilok kuah. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba untuk berjualan usaha cilok kekinian dan ingin tahu mengenai keuntungannya, pastikan melakukan analisa yang tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *