5 Tips Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Untuk menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarga atau kerabat dengan berlibur ke tempat yang jauh mungkin akan menjadi lebih menyenangkan.

Tentu saja jika anda dan keluarga ingin berlibur ke tempat yang jauh maka perjalanan yang jauh juga tidak bisa untuk dihindarkan.

Buat anda yang ingin berlibur, traveling, atau touring ke tempat yang jauh dengan menggunakan kendaraan priadi, kami akan memberikan beberapa tips yang akan menghemat biaya anda saat melakukan perjalanan jauh.

5 Tips Menghemat Biaya Untuk Melakukan Perjalanan Jauh :

1. Periksa Kondisi Kendaraan

Periksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh

Sebelum anda berangkat untuk melakukan perjalanan jauh, pastikan apakah kendaraan yang ingin anda gunakan sudah dalam kondisi siap untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Sebab kalau kendaraan anda tidak aman dalam menempuh perjalanan yang jauh maka hal ini hanya akan merepotkan anda di jalan nantinya.

Karena jika anda membenahi kerusakan-kerusakan di bengkel pinggir saat perjalanan biasanya biaya akan jauh lebih mahal ketimbang bengkel langganan anda, apalagi kalau sudah mendekati lebaran.

Mengganti oli, memeriksa aki, dan mengisi angin pada ban mobil adalah hal yang simpel namun hal yang simpel ini justru sering dilupakan ketika ingin melakukan perjalanan.

Jadi sudah siapkah kendaraan anda untuk mengantarkan anda menuju tempat yang jauh?

2. Menghemat Biaya Makan

Bawa bekal untuk perjalanan

Kalau sudah musim liburan atau lebaran biasanya harga makanan di pinggiran jalan akan menjadi lebih mahal dari biasanya.

Untuk menghemat biaya makan dalam perjalanan sebaiknya anda membawa bekal makanan kesukaan anda yang tidak gampang basi dalam beberapa jam.

Namun kalau anda tidak suka membawa bekal makanan atau lebih suka jajan, maka pilihlan tempat jajan yang mempunyai harga tetap seperti supermarket atau rumah makan yang tidak menaikan harga ketika musim liburan.

3. Membuat Rencara Pengeluaran

Planning Liburan menyenangkan

 

Anda harus membuat sebuah rencara pengeluaran atau biaya yang digunakan dalam perjalanan, seperti ; uang bensin, uang makan dan lain sebagainya.

Jika anda sudah membuat rencana pengeluaran maka anda harus mengikuti rencara yang sudah anda buat sebelumnya.

Rencara pengeluaran akan sangat berguna jika anda adalah tipe orang yang suka membeli barang-barang yang tidak perlu.

4. Cari Penginapan Yang Murah

Penginapan nyaman

 

Jika anda merasakan kelelahan dalam melakukan perjalanan dan membutuhkan tempat untuk menginap sejenak maka sebaiknya anda mencari tempat penginapan atau hotel yang harganya murah.

Karena sekarang sudah serba mudah, bahkan anda juga bisa mencari hotel yang paling murah disekitar lokasi anda dengan menggunakan aplikasi smartphone yang menyediakan harga hotel atau penginapan lainnya.

Baca Juga : Booking Hotel Sekarang Cuma Dengan Aplikasi

Bahkan saat musim mudik banyak juga orang-orang yang hanya tidur di rest area pinggiran jalan demi untuk menghemat biaya saat melakukan perjalanan.

5. Pemilihan Waktu Yang Tepat

Planning Holiday

Dengan menentukan waktu yang tepat, selain akan memperlancar perjalanan juga bisa membuat anda menghemat perjalanan.

Misalkan saat malam hari harga bengkel dan harga warung bisanya akan lebih mahal ketimbang siang hari.

Selain itu jika anda melakukan perjalanan malam dan fisik anda tidak kuat anda pasti juga akan membutuhkan tempat untuk beristirahat bahkan bisa juga anda butuh tempat untuk tidur sejenak.

Meskipun begitu perjalanan malam juga bisa lebih lancar dari perjalanan siang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Hendaklah kalian melakukan perjalanan di malam hari, karena seolah-olah bumi itu terlipat ketika itu.”

Hanya diri anda sendiri yang bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan jauh.

Selain berhemat sebenarnya hal yang benar-benar perlu anda perhatikan adalah keselamatan anda dalam perjalanan tersebut.

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...