Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an

Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an Bagi Anda Yang Sibuk Bekerja

Menghafal Al-Qur’an jika tidak dimulai sejak kecil memang terkadang akan menjadi sebuah penyesalan tersendiri ketika sudah mulai dewasa.

Bahkan dalam hati merasa malu kepada diri sendiri ketika melihat anak kecil yang ternyata sudah bisa menghafalkan Al-Qur’an.

Nah bagi anda yang ingin belajar menghafal Al-Qur’an namun sudah sibuk dalam urusan bekerja atau sekolah misalnya.

Kali ini kami akan mencoba untuk memberikan tips cara cepat menghafal Al-Qur’an tanpa menghilangkan kesibukan anda sehari-hari.

Meskipun artikel ini kami beri judul dengan “Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an” namun bukan berarti setelah membaca artikel ini anda langsung bisa menghafal Al-Qur’an dalam sekejap.

Menghafal Al-Qur’an tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit apalagi kalau anda adalah tipe orang yang sebelumnya jarang membaca Al-Qur’an.

Jika anda adalah tipe orang yang sudah sibuk baik itu untuk bekerja atau hal yang lainnya.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Maka untuk menghafal Al-Qur’an setidaknya anda membutuhkan waktu 2 tahun dengan metode ini.

Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an Bagi Anda Yang Sibuk Bekerja :

1. Luangkan Waktu Anda 2 Jam Sehari

Dalam belajar menghafal Al-Qur’an ini kami akan meminta anda untuk meluangkan waktu anda selama 2 jam perhari selama 2 tahun untuk belajar menghafal Al-Qur’an.

Kenapa harus 2 tahun dalam proses belajar menghafal Al-Qur’an?

Pada Al-Qur’an terdapat 604 halaman jika dalam sehari anda kami sarankan untuk menghafal 1 halaman saja dengan waktu 2 jam.

Dengan kata lain anda akan membutuhkan waktu lebih dari 604 hari untuk bisa menghafal Al-Qur’an.

Anda tidak perlu memikirkan kapan anda harus meluangkan waktu 2 jam perhari untuk belajar menghafal Al-Qur’an, karena kami juga akan menjelaskan pembagian waktu yang kami maksud dalam metode ini.

2. Pembagian Waktu 2 Jam Sehari Untuk Belajar Menghafal Al-Qur’an

Waktu 2 jam ini akan kami bagi menjadi beberapa bagian beserta dengan kegiatannya.

Berikut adalah pembagian waktunya :

  • Silahkan gunakan waktu anda untuk membaca/mendengarkan murottal Al-Qur’an untuk 1 halaman selama 10 menit sebelum sholat shubuh/setelah sholat tahajjud.

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

  • Setelah itu gunakan 20 menit untuk mengulang-ulang/menghafal bacaan 1 halaman tadi. Jadi 30 menit sebelum shubuh anda harus sudah bangun dan melakukan kedua hal tersebut.
  • Ulangi hafalan anda yang 1 halaman tadi setiap sebelum (selama 6 menit) dan sesudah (selama 6 menit) sholat lima waktu. Maka dengan ini tanpa sadar anda sudah meluangkan waktu 10 menit + 20 menit + (6+6 X 5) = 90 menit untuk belajar menghafal Al-Qur’an.
  • Silahkan gunakan 30 menit sisanya untuk mengoreksi hafalan anda yang 1 halaman tadi sebelum tidur.
  • Pada hari berikutnya sebelum anda mulai menghafal halaman 2 atau seterusnya, sebaiknya anda membaca/mengecek hafalan anda sebelumnya atau halaman 1.
  • Lakukan langkah tersebut berturut-turut selama 6 hari dalam seminggu (mulai dari hari Sabtu hingga hari Kamis)

3. Istirahat Menghafal Pada Hari Jum’at

Pada hari Jum’at anda akan menggunakannya bukan untuk menambah hafalan lagi melainkan untuk mengoreksi hafalan anda selama 6 hari sebelumnya (Sabtu – Kamis).

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat hafalan anda.

Baca Juga : Menjadi Pegawai Tetap Cuma Dengan Menghafal Al-Qur’an

Tips Dari Kami :Bangun Sebelum Pagi

Untuk memulai belajar menghafal halaman per halaman dari Al-Qur’an ini sebaiknya anda mulai dengan Sholat Tahajjud.

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS A1-Isra [17]: 79).

Kesimpulan :

Estimasi waktu yang anda gunakan untuk menghafal Al-Qur’an adalah 2 tahun atau 730 hari.

730 hari – (604 hari hafalan/perhalaman + Hari Jum’at jika 4 hari dalam sebulan atau 96 hari dalam 2 tahun) maka akan tersisa 30 hari (730 – 700).

Dan silahkan gunakan sisa 30 hari tersebut untuk memperkuat hafalan anda.

Sumber teori ini kami dapat dari ceramah Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA yang beredar di youtube.

Semoga bermanfaat.

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...