PT IMIP Morowali ; Profil, Lowongan Kerja

PT IMIP Morowali

Salah satu perusahaan yang banyak disorot belakang dengan ini karena sepak terjangnya yaitu PT IMIP Morowali. Hal tersebut yang kemudian membuat banyak orang berbondong-bondong ingin mengetahui fakta menarik yang milik perusahaan tersebut karena sukses menjadi raksasa nikel di Indonesia.

IMIP sendiri merupakan singkatan dari Indonesia Morowali Industrial Park. Namun walaupun sukses menjadi raksasa nikel di Indonesia, tidak sedikit orang yang belum tahu apa itu PT IMIP Morowali.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, PT IMIP merupakan salah satu usaha di Morowali yang berhasil mengalami perkembangan cukup pesat. Apalagi sumberdaya alam yang tersedia di daerah tersebut memiliki nilai jual tinggi terutama sumber daya alam berupa nikel.

Nikel merupakan salah satu sumberdaya alam yang tersebar luas di dunia dengan jumlah yang amat besar. Bahkan, Kementerian ESDM menjelaskan dalam booklet Peluang Investasi Nikel Indonesia di tahun 2020 jika bumi mengandung nikel sekitar 72 ton. 

Dari perkiraan jumlah di atas, sebagian besar nikel berada di Sulawesi, tepatnya di Morowali, Sulawesi Tengah. Sehingga nikel tersebut perlu dimanfaatkan dan dikelola dengan semaksimal mungkin agar menghasilkan nilai jual yang cukup tinggi.

Industri nikel menjadi ikon utama di daerah Morowali, Sulawesi Tengah. Apalagi sejak industri tersebut mengalami perkembangan yang cukup pesat, industri nikel menggunakan motor utama penggerak PT IMIP Morowali.

Informasi PT IMIP Morowali

Ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui terkait PT IMIP Morowali. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja fakta menarik dari PT Indonesia Morowali Industrial Park.

1. Sejarah Berdirinya PT IMIP Morowali

Fakta menarik pertama yang perlu Anda ketahui yaitu tentang sejarah berdirinya PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP). Awal mulanya, kawasan ini lebih banyak terkenal sebagai kawasan industri penambangan bijih/ore.

Namun, industri penambangan bijih/ore akhirnya diberhentikan seluruhnya pada tahun 2014 karena sejumlah izin usaha pertambangan (IUP) dicabut dan tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Pemberhentian tersebut dimulai sejak pengesahan UU Mineral dan Batubara no 4 tahun 2009.

Akan tetapi, pada tanggal 16 Juli tahun 2013, PT Bintang Delapan berhasil menggandeng investor dari China. Investor tersebut digandeng untuk bekerjasama dalam membangun smelter dengan kapasitas 300 ribu ton NPI per tahun.

Tidak hanya itu, kerjasama antara PT Bintang Delapan dan investor dari China juga membangun PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dengan kapasitas sebesar 3×65 megawatt. Pembangunan tersebut dilakukan di desa Fatufia, kecamatan Bahodopi dan menghabiskan investasi sejumlah 628 juta dolar AS. 

Pengerjaan proyek tersebut berjalan lancar dan tidak memakan waktu yang lama. Sehingga pengerjaan proyek berhasil selesai pada bulan Januari tahun 2015 dan diresmikan oleh Joko Widodo pada tanggal 29 Mei 2015.

2. Pemilik Perusahaan sebagai Raksasa Nikel

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui siapa saja yang memiliki PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Mengingat perusahaan industri nikel yang satu ini terbilang cukup besar dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

PT Indonesia Morowali Industrial Park pertama kali berdiri pada tgl 19 September 2013 dengan modal dasar sebesar 40 Juta dolar AS. Angka tersebut merupakan dana investasi dasar yang terkumpul dari berbagai pihak yang memiliki saham di PT IMIP.

Pemegang saham prioritas di PT IMIP yaitu Shanghai Decent Investment (Group). Perusahaan asal Tiongkok tersebut memiliki saham dengan persentase sebesar 49,69 persen.

Sedangkan pemilik saham dengan persentase sisa dari kepemilikan saham Shanghai Decent Investment (Group) dimiliki oleh PT Bintang Delapan Investama dan PT Sulawesi Mining Investment. PT Bintang Delapan Investama memiliki saham sebesar 25,31 persen dan PT Sulawesi Mining Investment sebesar 25 persen.

Pemegang saham prioritas atau Shanghai Decent Investment (Group) memang perusahaan yang bekerja menggelontorkan dana segar. Terutama untuk industri baja dan industri bahan mentah yang ada di berbagai daerah di belahan dunia.

Sedangkan PT Sulawesi Mining Investment merupakan perusahaan yang terbentuk oleh dua perusahaan. Yaitu perusahaan Shanghai Decent Investment dan juga PT Bintang Delapan Investama.

Tidak hanya itu, berdasarkan data yang diperoleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), saham PT Bintang Delapan Investama dimiliki oleh beberapa orang dan perusahaan. Mulai dari PT Panca Metta 35 persen, PT Meltapratama Perkasa 35 persen, Halim Mina 20 persen dan Hamid Mina 10 persen.

Saham PT Panca Metta sendiri dimiliki oleh Halim Mina 70 persen dan Husain Ali 30 persen. Sedangkan saham PT Meltapratama Perkasa dimiliki oleh Halim Mina 99,90 persen dan Aprilia Astena 0,10 persen.

3. Produk dan Industri Pendukung Perusahaan

Terakhir, Anda juga perlu mengetahui apa saja produk yang dihasilkan dan juga industri pendukung dari PT IMIP Morowali. Sehingga Anda bisa mengetahui kesuksesan PT IMIP hingga menjadi raksasa nikel di Indonesia dalam kurun waktu 7 tahun dan berhasil mengalahkan perusahaan lain yang telah beroperasi dari sebelumnya.

Kesuksesan dari PT IMIP tidak lepas dari adanya pendanaan yang memadai dan tergolong cukup ramah. Sehingga pihak pengelola bisa melakukan perkembangan cukup pesat dalam mengelola sumberdaya alam yang tersedia.

Produk yang dihasilkan oleh PT IMIP berupa nikel, carbon steel dan stainless steel. Sedangkan industri pendukung terentang mulai dari pabrik mangan, cool power plant, silikon, kapur, kokas, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Daftar Online PT IMIP Morowali Lewat Rekrutmen Online

Lowongan Kerja PT IMIP Morowali

Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi update lowongan kerja di PT IMIP Morowali mungkin bisa langsung mengunjungi Recruitment Online PT IMIP dengan mengakses link berikut; https://rekrutmen.imip.co.id/

Langsung saja lakukan daftar online di situs recruitment PT IMIP segera mungkin apabila Anda sedang mencari pekerjaan. Untuk panduan daftar online, sudah kami berikan tutorialnya pada artikel lain.

Bagaimana, menarik bukan informasi terkait fakta menarik dari perusahaan raksasa nikel di Indonesia? Demikian ulasan singkat mengenai PT IMIP Morowali, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *