Prospek kerja jurusan psikologi

8 Prospek Kerja Jurusan Psikologi Yang Bisa Anda Lamar

Anda belum tahu berapa banyak prospek kerja jurusan psikologi yang terbaik untuk menjadi pekerjaan anda?

Sebenarnya kalau anda mengambil jurusan psikologi ketika kuliah maka bersiaplah untuk mendapatkan masa depan yang cerah.

Meskipun mencari pekerjaan bukanlah hal yang selamanya mudah, namun kalau anda adalah seorang sarjana psikologi percayalah gaji seorang sarjana psikologi bukanlah angka yang kecil.

Kalau ternyata benar gaji yang anda dapatkan itu bisa dibilang besar maka jangan lupa untuk belajar mengelola gaji anda tersebut.

Baca Juga : Cara Terbaik Untuk Menghabiskan Uang Gajian

8 Prospek Kerja Buat Anda Yang Jurusan atau Lulusan Psikologi :

1. Menjadi Dosen Psikologi

Kalau anda sudah berhasil menjadi sarjana psikologi maka bukan mustahil jika anda nantinya akan menjadi dosen psikologi.

Jika nanti tiba-tiba kampus anda sedang membuka lowongan dosen psikologi maka jangan malu untuk mendaftarkan diri ke lowongan tersebut.

Biasanya syarat umum untuk menjadi dosen psikologi minimal anda sudah memiliki gelar S2 atau M.Psi.

2. Menjadi Seorang Psikolog

Psikolog adalah sebuah profesi yang paling banyak diminati oleh para sarjana psikologi.

Seorang psikolog pada umumnya bertugas untuk mengevaluasi dan menganalisa perilaku serta mental manusia.

Dimana tugas tersebut pastinya pernah anda lakukan ketika masih berada di Universitas.

3. Menjadi Psikoterapis

Kalau nanti nantinya anda menjadi seorang psikoterapis maka anda akan sering bertemu dengan pasien-pasien yang mengalami masalah sosial yang sebenarnya sedang membutuhkan orang lain.

Meskipun psikoloterapis sering disebut sebagai dokter untuk masalah kejiwaan tapi sebenarnya pasien yang akan anda dapatkan nanti belum tentu adalah pasien yang sedang sakit jiwa.

4. Menjadi HRD

Sepertinya untuk masalah HRD atau Human Resources Development tidak perlu kami bahas secara lebar disini, sebab hampir semua orang baik yang pernah bekerja ataupun yang sedang mencari pekerjaan pasti sudah mengenal apa dan siapa itu HRD.

Semakin banyaknya perusahaan yang berdiri di Indonesia maka semakin besar pula kesempatan para sarjana psikologi untuk menjabat menjadi seorang HRD atau Human Resources Development.

5. Guru BK di Sekolahan

Untuk menjadi guru BK atau guru bimbingan konseling ternyata lebih baik adalah seorang psikologi.

Meskipun anda adalah lulusan terbaik dari fakultas psikologi terbaik swasta tapi kalau anda ingin menjadi guru BK di sekolahan negeri maka anda harus lolos dalam seleksi pegawai negeri sipil atau PNS terlebih dahulu.

Apakah menurut anda menjadi guru BK adalah sebuah prospek kerja jurusan psikologi yang terbaik?

6. Menjadi Konsultan Karir

Dengan menjadi seorang konsultan karir maka anda akan sering sekali berhadapan dengan para pencari kerja baik yang baru terjun atau yang sudah professional dalam tugas memilihkan karir untuk klien.

7. Market Researcher

Jabatan market researcher atau peneliti pasar biasanya bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisa kondisi pasar dan konsumen.

Lembaga Independen biasanya juga membuka lowongan untuk sarjana psikologi.

8. UX Analyst

Dengan menjadi UX Analyst di perusahaan Internet biasanya akan mendapatkan tugas untuk menganalisa perilaku para konsumen dalam menggunakan produk atau software dari perusahaan tempat anda bekerja agar memperbaiki jika produk/software tersebut belum bisa memuaskan pelanggan/konsumen.

Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja jurusan psikologi lainnya yang tidak kalah dengan prospek kerja diatas.

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...