Pentingnya Menerapkan Competency Management System Untuk Perusahaan

Salah satu elemen penting yang menggerakkan operasional perusahaan adalah Sumber Daya Manusia(SDM).

Apabila Sumber Daya Manusia dalam perusahaan tidak memiliki kompetensi yang memadai dan sesuai dengan perusahaan, tentu visi dan misi perusahaan akan sulit tercapai.

Namun, kompetensi saja belum cukup karena kompetensi tidak selalu sama dengen hasil kerja.

Kompetensi merupakan faktor basic seseorang menghasilkan kinerja yang baik namun belum tentu mencerminkan hasil kinerja sendiri. Biasanya faktor seperti lingkungan kerja, kepemimpianan, insentif, dan lain sebagainya dapat mempengaruhi kompetensi.

Karena banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi, perusahaan membutuhkan suatu cara agar dapat memaksimalkan kompetensi yang ada.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan perusahaan dalam hal ini adalah dengan melakukan manajemen kompetensi.

Perlu diketahui, manajemen kompetensi merupakan suatu proses yang membuat, mengelola, dan mengembangkan berbagai keterampilan karyawan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki SDM yang memadai dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Lalu, mengapa manajemen kompetensi sangat penting bagi perusahaan? Berikut inilah alasannya :

Pentingnya Menerapkan Competency Management System Untuk Perusahaan

8 Alasan Pentingnya Menerapkan Competency Management System Untuk Perusahaan :

1. Efisiensi Pelatihan

Adanya sistem manajemen kompetensi akan menghemat anggaran untuk training yang tidak perlu hal ini dikarenakan data keahlian para karyawan sudah direcord dengan baik sehingga perusahaan dapat menilai training tersebut efektif atau tidak.

2. Memudahkan Identifikasi Kinerja

Dengan menggunakan manajemen kompetensi, perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai kompetensi karyawan yang nantinya dapat mengisi posisi tertentu dan dapat mengetahui kemajuan kompetensi yang ada.

3. Memberi Citra Terhadap Klien

Penggunaan sistem manajemen kompetensi menunjukkan perusahaan memiliki keunggulan dalam mengupayakan kinerja yang maksimal untuk para klien.

4. Keunggulan Kompetitif

Adanya penerapan manajemen kompetensi dapat menunjukkan apabila perusahaan memberikan respon yang baik terhadap permintaan klien.

5. Kinerja Individual dan Organisasi yang Lebih Baik

Dengan menerapkan berbagai teknologi dalam perusahaan, produktivitas perusahaan dapat menjadi lebih baik, apalagi dengan adanya manajemen kompetensi yang dapat mengevaluasi kinerja para karyawan secara berkala sehingga akan tercipta budaya kerja yang unggul, efisien dan efektif.

Baca Juga :

6. Mempertahankan Karywan Berkinerja Tinggi

Adanya pengelolaan manajemen kompetensi dengan baik dapat dijadiakan sebagai alat untuk mendata dan mempertahankan karyawan dengan kinerja yang baik agar dapat mengembangkan kemampuan yang nantinya dapat menguntungkan perusahaan.

7. Dukungan Perkembangan Karir bagi Karyawan

Dengan adanya sistem manajemen kompetensi, para karyawan dalam perusahaan akan mendapatkan arahan yang lebih jelas dalam memaksimalkan kinerjanya.

8. Meminimalisir Kesalahan Rekrutmen

Karena manajemen kompetensi yang baik, perusahaan akan dapat melakukan proses rekrutmen dengan baik karena berdasarkan kebutuhan saat ini dan mendatang dengan lebih akurat.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan penerapan competency management system sangat penting bagi perusahaan, Gunakanlah software HRIS berbasis online milik LinovHR yang telah menerapkan sistem manajemen kompetensi dengan efektif dan efisien. Jangan ditunda lagi, coba gratis sekarang juga.

Leave a Reply

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...

  Subscribe  
Notify of