Planning Liburan menyenangkan

Hal-hal Yang Bisa Anda Lakukan Saat Menjadi Pengangguran

Masih banyak orang yang kebingungan tentang apa yang harus dilakukan ketika sedang menjadi pengangguran atau lebih tepatnya belum mendapatkan pekerjaan.

Padahal pada saat menjadi pengangguran masih banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan.

Dengan memanfaatkan waktu saat menganggur atau liburan dengan melakukan hal-hal yang positif maka anda akan lebih menikmati masa-masa tersebut.

Berikut adalah hal-hal baik yang bisa anda lakukan saat menjadi pengangguran.

 

7 Hal Baik Yang Bisa Anda Lakukan Saat Menjadi Pengangguran :

1. Membuat Rencana Anda Sendiri

Hal pertama yang harus anda lakukan tentu saja adalah dengan membuat rencana anda sendiri terkait waktu anda akan dihabiskan untuk apa saja.

Jika pada sebelumnya anda telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bekerja dan tidak sempat merasakan liburan maka tidak ada salahnya juga anda menggunkan waktu anda saat menganggur untuk merasakan sedikit liburan.

2. Mencari Pekerjaan Yang Bersifat Sementara

Jika anda masih ingin lebih bersantai maka anda tidak perlu terburu-buru untuk mencari pekerjaan yang mengikat.

Anda pun bisa mencari pekerjaan-pekerjaan yang bersifat sementara atau waktunya bisa anda atur sesuai dengan selera anda.

Pekerjaan-pekerjaan yang bisa anda lakukan misalnya ; Menjadi fotografer atau menjadi ojek online.

3. Melakukan Pekerjaan Online

Meskipun semua orang memang suka libur panjang, namun kalau tanpa pekerjaan maka dari mana akan mendapatkan penghasilan?

Bagi anda yang sudah jenuh melakukan pekerjaan secara offline, tidak ada salahnya juga anda mulai melakukan pekerjaan secara online. Misalkan ; Menjadi Translator, Menjadi Freelance Writer, atau Menjadi Selebgram yang mengiklankan produk-produk di media sosial.

Baca Juga :

4 Keuntungan Tersendiri Jika Anda Berhenti Bekerja Setelah Lebaran

6 Jenis Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

3 Tips Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Passion Anda

4. Jangan Lupa Melakukan Olahraga Secara Rutin

Saat anda sedang dalam masa liburan panjang jangan sampai terlena hingga anda lupa untuk melakukan olahraga meskipun sebentar.

Nah, bagi anda yang ingin membentuk tubuh agar lebih ideal masa-masa menganggur adalah masa yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan olahraga rutin.

5. Menjadi Volunteer

Jika anda bisa menjadi volunteer untuk sesuatu yang berkaitan dengan kualifikasi pekerjaan, maka hal tersebut nantinya bisa anda manfaatkan kedalam resume anda pada saat melamar pekerjaan.

Selain itu menjadi Volunteer juga bisa melatih rasa simpati dan peduli terhadap orang lain.

6. Meningkatkan Kemampuan

Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan yang mengarah ke suatu tujuan yang anda inginkan namun anda masih merasa ragu dengan kemampuan yang saat ini anda miliki maka pada saat menjadi pengangguran anda mempunyai waktu yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Meningkatkan kemampuan bisa anda dapatkan dengan mengikuti les atau kursus keahlian tertentu, atau pelatihan untuk mendapatkan lisensi tertentu.

Bisa juga dengan mengikuti seminar dan mempelajari hal-hal baru secara mandiri.

7. Menjual Apa Yang Bisa Anda Jual

Anda bisa memeriksa barang-barang yang masih bisa anda jual untuk tetap mendapatkan uang jika anda masih belum mau bekerja.

Berjualan dari hal yang kecil adalah sesuatu yang bagus untuk dilakukan karena jika anda bisa sukses dengan metode penjualan anda siapa sangka anda akan menjadi pengusaha besar nantinya.

Setelah anda mendapatkan uang baik dari berjualan atau dari pekerjaan lainnya jangan lupa sisihkan sebagian kecil dari uang anda tersebut untuk membayar zakat yah.

Baca Juga :

Panduan Membayar Zakat Online Terpercaya Via KitaBisa.com

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...