6 Cara Menghilangkan Jamur di Baju Yang Mudah Dilakukan

Cara menghilangkan jamur di baju sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan tentu saja pakaian akan tetap aman digunakan kembali setelah jamurnya hilang.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan pakaian kita menjadi berjamur salah satunya adalah menyimpan pakaian yang kondisinya masih lembab.

Untuk itu kita harus lebih teliti lagi dalam masalah pakaian apalagi kalau sudah musim hujan tiba dimana pakaian akan lebih sering lembab dan cucian yang tidak cepat kering.

Meskipun terdengar remeh, namun kita tetap harus berhati-hati sebab jamur pada pakaian bisa mengakibatkan alergi bagi orang yang mempunyai kulit sensitif.

Meskipun berpotensi mempunyai efek samping yang serius lantas pakaian yang sudah berjamur tidak harus langsung dibuang begitu saja.

Bisa kosong lemari kalau setiap ada jamur pada pakaian langsung dibuang tanpa pikir panjang. Kan sayang, apalagi kalau ada yang mahal. Padahal jamur di baju bisa ditangani dengan mudah.

Cara Menghilangkan Jamur di Baju

Cara Menghilangkan Jamur di Baju

Ada beberapa cara yang dipercaya bisa menghilangkan jamur di baju dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca Juga : Kaos Polos Cotton 30s, Hoodie, dan Celana Chino Terbaik di Klaten

Berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di baju :

1. Cuka Putih

Selain sebagai penambah rasa pada makanan cuka putih ternyata juga bisa untuk menghilangkan jamur dan aman digunakan untuk beberapa jenis kain.

Selain itu cuka putih juga dapat mencerahkan kain putih.

Cara menggunakannya : bisa dengan dioleskan ke jamur di baju kemudian gosok lembut menggunakan sigat gigi agar tidak merusak kain.

Atau bisa juga dicampurkan dengan air yang akan dipakai untuk merendam pakaian.

Jadi pakaian yang berjamur direndam dulu menggunakan air yang sudah dicampurin cuka putih. Rendam selama kurang lebih satu jam, kemudian cuci menggunakan detergen dan usahakan bilas menggunakan air hangat.

Atau kalau menggunakan mesin cuci bisa tambahkan 1-2 cangkir cuka untuk menghilangkan jamur sebelum baju dicuci.

2. Pemutih

Pemutih sering digunakan untuk menghilangkan noda bandel di baju termasuk jamur, tapi sayangnya pemutih mempunyai resiko yang tidak bisa diremehkan.

Pemutih bisa memudarkan warna pada pakaian.

Tapi kalau baju yang terkena jamur adalah warna putih maka tidak masalah menggunakan pemutih. Jadi sebelum menggukan pemutih pastikan pakian anda aman jika terkena pemutih (tidak rusak baik warna maupun serat).

Cara menggunakannya : larutkan pemutih dengan air yang akan dipakai untuk merendam pakaian. Kemudian rendam pakaian selama kurang lebih 30 menit.

Jangan merendam pakaian dengan pemutih terlalu lama karena bisa merusak serat pada kain.

Jika setelah direndam tapi masih ada beberapa jamur yang masih kelihatan anda bisa langsung kucek saja sampai jamur hilang.

3. Boraks

Meski bisa untuk menghilangkan jamur akan tetapi boraks tidak cocok untuk berbagai jenis kain.

Jika pakaian anda bukan termasuk ke jenis kain organik seperti katun dan linen makan anda perlu melakukan pengujian terhadap pakaian anda.

Cara menggunakannya : larutkan boraks sebanyak 3 sendok makan ke dalam air yang akan digunakan untuk merendam pakaian.

Kemudian rendam pakaian selama 45 menit dan jika masih ada jamur pada pakaian tersebut bisa langsung dikucek saja.

Jika menggunakan mesin cuci, larutkan setengah cangkir boraks menggunakan air panas kemudian masukkan ke dalam mesin setelah diisi dengan air.

Ingat ya, tidak semua jenis kain aman menggunakan boraks.

4. Baking Soda

Bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di baju selanjutnya adalah baking soda yang memang mempunyai sifat serupa dengan cuka putih.

Cara menggunakannya : campurkan baking soda dengan air secukupnya sampai berbentuk pasta, kemudian oleskan pasta tersebut ke jamur di pakaian dan biarkan selama 15 menit.

Lalu gosok menggunakan sikat yang halus atau bisa menggunakan sikat gigi. Setelah itu pakaian bisa langsung dibilas.

Jika hasilnya masih ada jamur yang membandel bisa ulangi langkah tersebut atau bisa juga tambahkan cuka ke dalam campuran baking soda agar makin ampuh menghilangkan jamur.

Setelah semua jamur di baju hilang jangan lupa untuk bilas menggunakan air detergen.

Baca Juga :

5. Lemon dan Garam

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di baju serta aman untuk serat kain adalah campuran lemon dan garam.

Cara menggunakannya : siapkan perasan air lemon lalu campurkan dengan 1 sendok makan garam dan larutkan dengan air hangat.

Rendam pakaian selama 30 menit dengan campuran tersebut, setelah itu gosok dengan sikat gigi. Bisa diberi detergen agar jamur lebih cepat hilang.

Kemudian cuci pakaian seperti biasanya.

Baca Juga : 11 Jenis Minuman Pembangkit Semangat Kerja Tanpa Obat & Pengawet

6. Sitrun

Sitrun yang sering digunakan untuk memberikan rasa asam pada makanan ini juga bisa menghilangkan jamur di baju, jadi fungsinya mirip seperti cuka putih juga.

Cara menggunakannya : larutkan sitrun dengan air panas kemudian rendam pakaian selama 10 menit menggunakan larutan sitrun tersebut.

Saat air sudah mulai hangat bisa langsung kucek pakaian sampai jamurnya hilang dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Bekas Karat di Baju Dengan Mudah, Sudah Coba?

Apapun cara yang anda pilih untuk menghilangkan jamur di baju langkah penting terakhir yang harus anda lakukan adalah menjemur pakaian di bawah sinar matahari secara langsung.

Karena sinar matahari juga bisa menghilangkan jamur di baju.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.