Aturan Pengelolaan Uang Agar Anda Menjadi Lebih Kaya

Menjadi kaya adalah sebuah keinginan dari banyak orang dan mungkin anda hanyalah salah satunya. Dan salah satu cara yang bisa memberikan efek untuk mempengaruhi finansial adalah pengelolaan uang.

Tidak semua orang yang sudah mempunyai gaji dapat mengelola uang mereka dengan baik, terlebih lagi untuk anak muda yang baru bekerja atau bisa menghasilkan uang. Mereka cenderung akan menghabiskan banyak uang untuk bersenang-senang.

Bacaan Lainnya

Bersenang-senang adalah hal yang boleh saja dilakukan oleh semua orang, tapi jika anda mempunyai keinginan untuk menjadi lebih kaya maka anda harus mengurangi kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Dengan menjadi lebih kaya, anda bisa bersenang-senang nanti setelah memetik hasil yang lebih pasti. Untuk saat ini mungkin anda perlu belajar cara mengatur keuangaan terlebih dahulu agar gaji anda tidak habis secara percuma.

Salah satu cara pengelolaan gaji agar anda bisa menjadi lebih kaya kemudian hari adalah sebagai berikut.

40% Untuk Tabungan dan Investasi

Dari seluruh gaji atau penghasilan, anda harus bisa menyisihkan uang sebesar 40% nya untuk dana tabungan dan investasi. Pengelolaan uang 40% dari gaji anda bisa digunakan untuk beberapa hal sebagai berikut.

Pengelolaan Uang Untuk Investasi dan Tabungan

Sedekah

Setelah mendapatkan gaji atau uang kebanyakan orang masih melupakan sedekah bahkan ada juga yang menganggap sedekah itu berat untuk dilakukan. Padahal sejatinya sedekah itu mudah jadi mari biasakan diri untuk bersedekah.

Bukankah kita juga sering mendengar ungkapan bahwa sedekah bisa mendatangkan berkah dan rezeki? Kalau anda pernah mendengar Nasihat Gus Baha bahwa “Sedekah adalah amalan baik yang tidak bersyarat” Pasti anda menjadi semakin tertarik untuk bersedekah. Sumber : albabbarrosa.com

Bahkan dalam kitab suci Al-Qur’an juga menjelaskan perihal sedekah, salah satunya adalah berikut.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (Qs Saba’ 39).

Tabungan Bulanan

Setelah menyisihkan sedikit uang untuk sedekah anda juga harus menentukan berapa persen uang untuk anda simpan di tabungan bulanan. Anda boleh menyisihkan 20% / 10% / 15% dari 100% gaji anda untuk tabungan bulanan.

Semuanya harus anda sesuaikan dengan kenyataan yang sedang anda jalani sekarang.

Baca Juga : Cara Mengelola Gaji 3 Juta Perbulan Agar Bisa Menabung

Investasi Saham / Properti

Jangan biarkan uang anda mengendap begitu saja, nilainya tidak akan bertambah padahal rupiah bisa terus menurun. Harga beras 1kg 10 tahun yang akan datang akan lebih mahal dari harga beras 1kg sekarang.

Untuk mempertahankan nilai uang maka anda perlu berinvestasi baik itu investasi saham maupun properti atau emas.

Pendidikan Diri

Saat anda sudah bekerja bukan berarti anda harus berhenti belajar. Pendidikan itu sangatlah penting, anda bisa kuliah sambil bekerja atau mengikuti kursus dari sesuatu yang bersangkutan dengan tujuan anda. Tidak harus di Universitas, anda bisa belajar dimana saja.

Dengan pendidikan yang baik maka besar kemungkinan kita akan menjadi orang yang lebih baik lagi.

50% Untuk Kebutuhan

Dari 100% gaji atau penghasilan coba dulu gunakan 50% untuk membayar segala kebutuhan hidup. Beberapa kebutuhan yang anda prioritaskan terlebih dahulu adalah.

Pengelolaan Uang Untuk Tabungan

Orang Tua

Selain sedekah hal paling penting yang harus anda ingat jika sudah punya penghasilan adalah memberikan sebagian gaji kepada orang tua. Sebab apabila mereka masih ada kami yakin mereka adalah orang yang sangat berjasa untuk anda.

Jadi kita tidak boleh melupakan orang tua ketika mendapatkan gaji. Meski mereka tidak memintanya tapi mereka akan sangat bahagia ketika kita memberikan sebagian hasil dari kerja keras kita.

Bayar Tagihan

Membayar tagihan atau hutang adalah sesuatu yang wajib. Bahkan apabila anda punya hutang anda lebih baik melunasi hutang terlebih dahulu sebelum bersedekah.

Beruntung bagi yang tidak memiliki hutang, sebab anda hanya perlu membayar tagihan listrik, air, internet dan sebagainya. Sisanya anda bisa gunakan untuk keperluan lain.

Makanan

Apabila anda belum menikah pasti akan merasa boros pengeluaran hanya dari segi membeli makanan terutama untuk yang doyan kuliner. Demi terwujudnya pengelolaan uang ini maka anda harus bisa mengontrol pengeluaran untuk makanan.

Meskipun begitu kami juga tidak menyarankan anda untuk terlalu pelit terhadap diri sendiri, cobalah untuk sedikit berhemat dan tidak terlalu boros.

Transportasi

Biaya transportasi adalah hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja, anda harus bisa menentukan transportasi yang nyaman untuk anda gunakan namun biayanya tidak terlalu membengkak. Karena dengan menghemat biaya transportasi maka jatah untuk hal lain bisa lebih banyak.

10% Untuk Keinginan

Setelah mengatur 40% dan 50% gaji anda maka sekarang hanya tinggal 10% saja. Dan 10% gaji anda tersebut bisa anda gunakan untuk keperluan berikut.

Pengelolaan Uang Untuk Keinginan
  • Jalan – Jalan / Liburan
  • Nongkrong
  • Shopping

Jika sampai saat ini pengeluaran anda masih banyak untuk membayar keinginan maka anda punya PR besar yang harus dirubah. Yuk lakukan pengelolaan keuangan dengan baik mulai sekarang demi masa yang akan datang.

Jika anda kurang cocok dengan strategi 40 – 50 – 10 ini anda bisa merubahnya menjadi 30 – 50 – 20, atau 40 – 40 – 20, atau varian anda sendiri yang paling cocok dengan keadaan anda saat ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.